Jumat, 19 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hutan Kota Terbakar, 1.800 Warga Diungsikan

Oleh Aslan , dalam Kabar Dunia , pada Rabu, 28 Juni 2017 | 04:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Donana Natural Park, paru-paru Kota Moguer di Provinsi Huelva, Spanyol, terbakar. Minggu waktu setempat (25/6), tidak kurang dari 300 personel pemadam kebakaran berjibaku dengan api yang berkobar sangat cepat. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Tapi, lebih dari 1.800 warga terpaksa mengungsi.

”Titik api muncul Sabtu malam (24/6) dan esok harinya hutan kota sudah terbakar hebat,” kata Jose Fiscal, wakil kepala badan perlindungan lingkungan hidup regional, kemarin (26/6). Dalam wawancara dengan stasiun televisi Spanyol, dia menegaskan bahwa kebakaran sudah bisa diatasi. Namun, warga belum diperkenankan kembali ke rumah masing-masing.

Untuk sementara, penduduk yang tinggal di sekitar Donana Natural Park harus bertahan di tempat penampungan. Sebagian di antaranya memilih bermalam di tenda-tenda yang mereka dirikan sendiri. Sebab, temperatur udara mencapai 40 derajat Celsius saat malam.

Selain mengungsikan warga sekitar, pemerintah setempat mengevakuasi satwa yang selama ini tinggal di hutan kota tersebut. Sebab, hutan kota yang oleh UNESCO dinobatkan sebagai cagar alam itu juga menjadi tempat berlindungnya lynx. Hewan buas mirip kucing besar tersebut dikembangbiakkan di Donana Natural Park.

Sebanyak 23 helikopter dan pesawat serta puluhan unit mobil pemadam kebakaran terlibat dalam upaya penjinakan api. Karena angin kencang dan suhu tinggi, si jago merah relatif sulit dikendalikan. Beruntung, mulai kemarin pagi, cuaca bersahabat. Api pun bisa ditaklukkan. Kini polisi melacak penyebab kebakaran. Kuat dugaan, faktor kelalaian manusialah penyebabnya. (hg/AFP/Reuters/hep/c7/sof)

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar