Jumat, 16 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ibu Basis Kepemimpinan dan Pilar Bangsa

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 23 Desember 2016 | 14:34 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Perempuan merupakan penyangga tegaknya sebuah masyarakat/Negara.

Keberadaan kaum perempuan terutama dalam kedudukan sebagai ibu, berperan sangat penting dalam membentuk dan membangun suatu generasi. Bahkan kaum ibu merupakan basis kepemimpinan dan pilar bangsa.

Wanita adalah tiang Negara. Jika baik wanitanya maka baiklah Negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula Negaranya.

Begitulah ungkapan Rasulullah Muhammad SAW akan pentingnya kedudukan dan peran kaum wanita. Terutama dalam kedudukannya sebagai ibu. Sebab, keberlangsungan sebuah Negara berawal dari sebuah rumah tangga.

Yang mana peran ibu dalam rumah tangga tak hanya sebatas melakoni urusan rumah tangga, tetapi juga turut melahirkan dan membentuk karakter generasi bangsa.

Seiring peran penting yang diemban itu maka menjadi hal mutlak bagi setiap kaum perempuan/ibu untuk meningkatkan kompotensi dan kualitas diri. Kaum perempuan jangan pernah berhenti untuk belajar dan mengembangkan diri.

BACA  Kerja Sama Pengembangan SDM Pemprov Gorontalo Dengan ATMI Solo Diperpanjang

Demikian catatan penting yang mengemuka dalam forum dikusi grup (Focus Group Discussion/FGD) Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak yang diselenggarakan Gorontalo Post bersama Forum Alumni HMI-Wati (Forhati), Pemprov Gorontalo dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Rabu (21/12) di Hotel Maqna, Kota Gorontalo.

FGD mengangkat tema tentang Gerakan Pencerdasan dan Anti Kekerasan Perempuan-Anak.

Turut hadir dalam FGD Plt Gubernur Gorontalo Prof.Zudan Arif Fakhrulloh, Walikota Gorontalo Marten Taha, Direktur Utama Gorontalo Post Moh.Sirham, Ketua Dewan Adat Gorontalo Karim Pateda, kalangan akademisi serta para aktivis dan pemerhati perempuan-anak.

Sekda Provinsi Gorontalo Prof.Dr.Ir.Winarni Monoarfa,MS mengemukakan, ibu memiliki peran yang sangat besar dalam menghasilkan generasi bangsa. Dari para kaum ibu lahirlah para pemimpin-pemimpin bangsa.

BACA  Pendataan Keluarga Tahun 2021 di Provinsi Gorontalo Resmi Diluncurkan

“Karena itu kebijakan Negara harus berpihak ke kemajuan kaum perempuan. Apalagi dengan visi pemerintah yakni revolusi mental. Maka tantangan kedepannya adalah bagaimana mewujudkan keluarga sebagai basis perubahan dan kepemimpinan bangsa,” ungkap Winarni Monoarfa.

Lebih lanjut, Winarni Monoarfa menekankan, dalam tatatan masyarakat Gorontalo keberadaan kaum perempuan mendapatkan tempat yang sangat penting.

Tak terkecuali dalam urusan pemerintahan. Kaum perempuan mendapatkan tempat yang sama dengan kaum pria.

“Kendati demikian kesuksesan seorang perempuan/ibu sangat didukung oleh suami.

Karena itu saya selalu menghargai suami. Sebab, bagaimana pun juga kesuksesan yang saya raih tak lepas dari peran dan dukungan suami,” tutur Winarni Monoarfa.

Sementara itu Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Ny.Ninuk Triyanti mengemukakan, ada dua bagian penting dalam gerakan mencerdaskan kaum perempuan. Yaitu pembentukan karakter anak serta pendidikan keluarga.

BACA  Gorontalo Masuk 10 Besar Nominasi PPD, Ini Harapan Sekdaprov

Pembentukan karakter anak, menurut Ninuk Triyanti, harus berjalan secara holistik meliputi kecerdasan fisik, mental maupun emosional.

“Hasil penelitian para ahli syaraf menunjukkan 0-8 tahun merupakan usia paling krusial untuk membentuk karakter anak. Sehingga rentang waktu tersebut menjadi sangat penting untuk memberikan pendidikan-pendidikan karakter yang dilakukan sesuai potensi/kemampuan anak,” kata Ninuk Triyanti.

Demikian pula pendidikan keluarga. Menurut Ninuk Triyanti, tak ada sekolah yang khusus mengajarkan pendidikan orang tua (keluarga). Karena itu sudah menjadi kewajiban bagi para orang tua untuk terus belajar. Sebab, pembentukan pilar bangsa harus dimulai dari keluarga.

“Mulailah dari keluarga, dari diri sendiri dan dari saat ini. Untuk membentuk karakter anak, ibu jangan pernah berhenti belajar,” ungkap Ninuk Triyanti. (san/and/tr-53/tr-48/tr-30/hargo)


Komentar