Senin, 30 Januari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Identifikasi Mangrove di Gorontalo Diharap Bermanfaat bagi Masyarakat

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 7 Desember 2022 | 06:05 Tag: ,
  Anggota KPH Gorontalo Utara saat melakukan penanaman bibit mangrove di Desa Tiola Kecamatan Ponelo Kepulauan, Jumat (25/11/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua tim Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Provinsi Gorontalo, Mohamad Pulukadang berharap kegiatan identifikasi hutan mangrove yang ada dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo Utara dapat bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. 

Dirinya mengatakan, kegiatan identifikasi yang dirangkaikan penanaman bibit mangrove oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Gorontalo Utara tersebut akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat jika dijaga dan dipelihara dengan baik. 

banner 728x485

“Kegunaan mangrove ini untuk tempat berkembangbiaknya ikan, tempat bertelurnya kepiting jadi hasilnya itu akan kembali ke masyarakat,” kata Mohamad Pulukadang pada kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tiola Kecamatan Ponelo Kepulauan dan Desa Talango Kecamatan Anggrek tersebut, Kamis (24/11/2022).

Dirinya mengungkapkan, jumlah bibit mangrove yang disediakan sebanyak 45 ribu bibit yang difasilitasi oleh KPH Gorontalo Utara. Dimana, setiap satu hektar lahan ditanami warga sebanyak 3.000 bibit mangrove yang sebelumnya telah disiapkan sendiri oleh masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan instansi terkait diantaranya Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Kejaksaan Tinggi Provinsi Gorontalo, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, serta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo.

Selain itu, ada pula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Danlanal, Polair, BKSDAE, BPDAS Bone Bolango, Gakum, KPH IV Gorontalo Utara, Forum DAS dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

“Jadi imbauan dan harapan dari kami sebagai pelaksana kegiatan semoga kegiatan ini akan berhasil sebab manfaatnya sangat banyak, selain untuk lingkungan, tentu juga akan menambah ekonomi dari kelompok masyarakat,” katanya menandaskan. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar