Jumat, 19 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ikan Tuna Tembus Rp 85 Ribu per Kg Stok Menipis Akibat Musim Ombak

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 21 Februari 2017 | 09:51 Tag:
  

GORONTALO – Hargo.co.id – Musim ombak sejak akhir 2016 lalu ternyata ikut mempengaruhi harga ikan tuna di pasaran. Jika sebelumnya ikan tuna grade A dibanderol Rp 55 ribu per kg kini kembali naik mencapai Rp 85 ribu per kg.

Pantauan Gorontalo Post di salah satu tempat penampungan ikan tuna di Kota Gorontalo, selain grade A, penampung juga mengambil ikan tuna grade B dan C. Grade dihargai Rp 65 ribu per kg dan grade C Rp 50 ribu per kg.

Sementara grade D hanya dijual untuk konsumsi lokal saja yang dihargai sekitar Rp 30 ribu per kg.Sebelumnya, pada awal Januari lalu harga ikan tuna juga telah mengalami kenaikan harga dikisaran Rp 5 ribu per kg. Ikan tuna grade A dibanderol Rp 55 ribu per kg, tuna grade B Rp 45 ribu per kg dan grade C Rp 35 ribu per kg.

Adi, salah seorang penampung ikan di TPI Kota Gorontalo, mengatakan, harga ikan mengalami kenaikan akibat cuaca buruk yang melanda perairan di Gorontalo sejak memasuki bulan Desember lalu. “Harga ikan sudah mulai naik sejak memasuki bulan Desember.

Ikan yang ikut naik kebanyakan dari ikan jenis Oci dan Lajang. Namun para nelayan masih bisa memenuhi kebutuhan ikan tersebut. Lain halnya dengan ikan tuna, yang hingga saat ini, masih sangat kurang dan harganya sangat mahal per kilogramnya,” ungkapnya.

Adi menambahkan, hasil tangkapan nelayan Gorontalo saat ini sangat kurang dan bahkan tidak ada sama sekali. “Hingga saat ini, permintaan ikan tuna cukup tinggi. Ini sudah terjadi beberapa pekan terakhir. Karena stok minim, kemungkinan harga ikan tuna akan terus naik,” ujarnya.(dan/hg)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar