Minggu, 27 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ikuti Sensus Penduduk, Wagub: Mari Bersama Mencatat Indonesia

Oleh Jamal De Marshall , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 15 Februari 2020 | 18:05 WITA Tag:
  Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim (Kopiah Karanji) saat mengikuti sensus penduduk, Sabtu (15/02/2020) di rumah Dinas Wagub Gorontalo. (Foto : Rendi Wardani Fathan/Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sensus penduduk mulai dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo hari ini. Menariknya, sensus penduduk kali ini bisa dilakukan sendiri. Ini bisa dilihat saat Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim ketika mengisi kuesioner yang tampil pada laman sensus penduduk, Sabtu (15/02/2020) di rumah Dinas Wagub Gorontalo.

Menurut Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Herum Fajarwati, pelaksanaan sensus penduduk tahun ini diawali dari para pimpinan daerah.

“Kita mulai dari kepala-kepala daerah. Dan berhubungan pak Gubernur masih dinas diluar daerah, maka dimulai dari pak Wagub,” kata Herum Fajarwati usai mendampingi Wagub Gorontalo melakukan sensus penduduk.

BACA  Aleg Gorontalo Utara Minta Tingkatkan Infrastruktur Jalan

Dikatakannya, untuk mengikuti sensus penduduk secara online, masyarakat terlebih dahulu menyiapkan sejumlah berkas-berkas kependudukan. Yakni KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Nikah dan Akta Cerai bagi yang sudah cerai. Apabila sudah lengkap, kata Herum, masyarakat bisa mengakses laman sensus.bps.go.id.

“Nanti akan ada 22 kuesioner yang harus diisi,” ungkap Herum.

BACA  Sensus Penduduk, Momen yang Harus Disukseskan

Lalu bagaimana jika ada masyarakat yang tidak ikut sensus penduduk secara online? Herum menuturkan, bagi masyarakat yang tidak sempat mengikuti n sensus penduduk secara online, akan di sensus secara manual atau wawancara yang rencananya akan dilakukan Juli mendatang.

Pun demikian, besar harapan Herum masyarakat Gorontalo dapat mengikuti sensus secara online yang akan dilakukan hingga 31 Maret 2020.

Sementara itu, Wagub Idris mengatakan, dengan adanya sensus penduduk secara online ini, bisa memudahkan masyarakat mengikuti sensus penduduk.

BACA  Lakukan Sensus Penduduk, BPS Diminta Terapkan Protokol Kesehatan

“Kalau dulu harus di rumah, menunggu petugasnya datang baru bisa mengikuti sensus. Sekarang, biar dimana dan kapan saja sudah bisa mengikuti sensus penduduk,” kata Wagub.

Lebih lanjut, Wagub Idris menghimbau kepada seluruh masyarakat Gorontalo untuk segera mencatatkan informasi diri dan keluarga melalui Sensus Penduduk secara online sebelum batas akhir.

“Pastikan anda tercatat pada Sensus Penduduk 2020. Mari bersama mencatat Indonesia,” pesan Wagub.(adv/rwf/hg)


Komentar