Senin, 12 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Image TPA Harus Jauh dari Kesan Kumuh dan Busuk

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Headline Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 18 Maret 2021 | 04:05 WITA Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara,Thariq Modanggu (ketiga dari kiri) didampingi Kadis LH, Ilyar Lagarusu bersama jajaran saat meninjau TPA Tomilito, Rabu (17/03/2021). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah di Kecamatan Tomilito diharapkan tidak menjadi sebuah tempat yang kumuh sebagian ekspektasi orang kebanyakan. Namun diharapkan dapat dikelola menjadi sebuah tempat yang indah dan bermanfaat serta jauh dari kesan busuk dan kumuh apalagi pencemaran lingkungan.

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu saat meninjau kembali lokasi TPA Tomilito, Rabu (17/03/2021). Ini disampaikan langsung kepada Kadis Lingkungan Hidup, Ilyas Lagarusu dan aparatur DLH lainnya.

BACA  Thariq Modanggu Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

“Untuk pemanfaatan ruang pembuangan sampah telah ditindak lanjuti oleh Kadis LH, dan untuk itu tentu patut diapresiasi baik kepada pak kadis dan jajarannya,” ungkapnya.

Langkah ini diharapkan oleh Wabup untuk terus dilakukan terutama pemanfaatan lahan yang ada di TPA Tomilito.

“Dalam artian lahan yang ada dapat dimanfaatkan untuk perkebunan sebagaimana informasi dari ibu kabid sudah ada gerakan penanaman pohon. Diharapkan lahan ini dapat ditanami terus agar menjadi daerah hijau yang jauh dari kesan busuk dan kumuh,” tegas Thariq Modanggu.

BACA  Potensi PAD RS Zainal Umar Sidiki Sebanyak Rp 9 M Setiap Tahun 

Di sisi lain juga Wabup melihat ada kolam ikan yang dibangun hanya berjarak 6 meter dari TPA yang tentunya hal tersebut membuat kesan bahwa daerah tersebut aman dari pencemaran lingkungan, apalagi ikan dari kolam tersebut dikonsumsi oleh masyarakat.

BACA  Pengelolaan Keuangan Diminta Transparan, Akuntabel dan Sustainable

“Namun demikian diharapkan dinas dapat melakukan uji lab terhadap air yang ada di lokasi TPA untuk lebih memastikan lagi,” ujarnya.

Namun setidaknya, kolam ikan saja yang hanya berjarak 6 meter tersebut dapat dikonsumsi, apalagi pemukiman warga yang sangat jauh dari lokasi TPA tentunya lebih aman lagi dari dugaan pencemaran air dan lainnya. (abk/adv/hargo)


Komentar