Selasa, 13 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Imigrasi Amankan 32 PSK Asing

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 14 Januari 2017 | 16:20 WITA Tag:
  


JAKARTA, Hargo.co.id – Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mengamankan 32 perempuan asing di Jakarta dan Bogor yang diduga menjadi pekerja seks komersial (PSK). Mereka berasal dari Vietnam (11 orang), Kazakhstan (5), Uzbekistan (5), Tiongkok (5), dan Rusia (1). Usianya 21–38 tahun.

Para PSK yang sebagian besar berkedok sebagai pemandu lagu tersebut bertarif mulai Rp 1,75 juta sampai Rp 4 juta.

BACA  Kemenkumham Tak Akui Kepengurusan Demokrat Kubu Moeldoko

’’Kami amankan di satu tempat hiburan malam di Bogor dan dua tempat di Jakarta,’’ kata Direktur Penyidikan dan Penindakan Ditjen Imigrasi Yurod Saleh di Jakarta kemarin (13/1).

Penangkapan PSK asing tersebut merupakan hasil operasi pengawasan dan penindakan imigrasi (wasdakim) pada Kamis malam (12/1). Dua pekan lalu, petugas Ditjen Imigrasi dan Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta menjaring 125 perempuan WNA diduga PSK dari berbagai negara.

BACA  Indonesia Akan Terima Tambahan 10 juta Dosis Sinovac pada April

Di antaranya, 76 berkewarganegaraan Tiongkok. Seluruhnya bekerja di sejumlah tempat hiburan malam di Jakarta.

Yurod menyatakan, mayoritas perempuan itu telah menyalahgunakan visa kunjungan dan izin tinggal untuk bekerja di tempat hiburan malam. Ada tujuh WNA yang tidak bisa menunjukkan paspor. Mereka melanggar pasal 116 dan 122 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

BACA  Pemerintah Resmi Tetapkan Mudik Lebaran 2021 Ditiadakan

’’Penyidik masih mendalami (WNA PSK), dan tidak lama lagi kami akan menentukan mereka ini,’’ ungkapnya. Dalam operasi itu, petugas mengamankan barang bukti 25 paspor, uang Rp 5 juta, dan beberapa alat kontrasepsi.

Laman: 1 2


Komentar