India Terjunkan Lebih Banyak Tentara ke Kashmir

Hargo.co.id, SRINAGAR – Jalan-jalan di Kashmir penuh dengan personel paramiliter India dan beberapa ruas diblokir dengan pos pemeriksaan, Jumat (23/8). Pengamanan ketat tersebut merespons seruan unjuk rasa besar-besaran yang ditujukan ke warga Kashmir.

Seperti yang dilansir jpnn.com, poster-poster yang muncul pada pekan ini di Srinagar, kota utama di wilayah Kashmir India, menyerukan arak-arakan ke kantor perwakilan PBB (UNMOGIP). Aksi unjuk rasa tersebut guna memprotes pencabutan otonomi khusus oleh pemerintah India.

UNMOGIP didirikan pada 1949 setelah perang pertama antara India dan Pakistan atas Kashmir. Kelompok ini memantau pelanggaran gencatan senjata di sepanjang perbatasan antara kedua negara.

Presiden AS Donald Trump berencana untuk membahas masalah Kashmir ketika ia bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi di sela-sela pertemuan G7 di Prancis akhir pekan ini.

Trump, yang telah menawarkan untuk menengahi antara India dan Pakistan, akan menekan Modi tentang cara yang direncanakannya untuk meredakan ketegangan regional setelah penarikan otonomi Kashmir, dan menekankan perlunya dialog. (ant/dil/jpnn)

-