Rabu, 20 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Indonesia Amankan Pasokan 100 Juta Dosis Vaksin COVID-19

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Rabu, 30 Desember 2020 | 20:05 WITA Tag: , ,
  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: ANTARA/HO-Kemlu RI/am


Hargo.co.id, JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan kabar gembira mengenai pasokan vaksin COVID-19 untuk Indonesia. Menurut dia, pemerintah telah mengamankan kontrak untuk 100 juta dosis vaksin COVID-19 dari AstraZeneca dan Novavax.

“Hari ini kita juga berhasil mengamankan supply vaksin, yaitu dari AstraZeneca dan Novavax, masing-masing sebesar 50 juta dosis,” kata Retno dalam jumpa pers virtual, usai penandatanganan perjanjian pembelian vaksin tersebut, Rabu (30/12).

BACA  Sah, Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai tanggal pengiriman vaksin dari dua perusahaan farmasi asal Inggris dan Amerika Serikat tersebut.

Sementara itu, gelombang kedua pengirman vaksin bikinan perusahaan China, Sinovac, yang berjumlah 1,8 juta dosis akan tiba di Tanah Air besok, Rabu (31/12).

BACA  Pesawat Sriwijaya Air Rute Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

“Dengan ketibaan ini maka sudah 3 juta vaksin Sinovac berada di Indonesia,” kata Retno, merujuk pada pasokan 1,2 juta dosis vaksin Sinovac lainnya yang sudah masuk ke Indonesia di awal Desember lalu.

Selain dari jalur kerja sama bilateral, Indonesia juga menjalankan diplomasi pengadaan vaksin melalui jalur multilateral, yakni dengan COVAX-AMC (Advance Market Commitment) yang digagas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memungkinkan Indonesia memperoleh vaksin sebanyak 3 persen sampai 20 persen jumlah penduduk.(ant/dil/jpnn/hg)

BACA  Kasus Covid-19 Meningkat, DPR: Kaji Ulang Rencana Belajar Tatap Muka

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Indonesia Amankan Pasokan 100 Juta Dosis Vaksin COVID-19, Kali Ini Bukan dari China“. Pada edisi Rabu, 30 Desember 2020.

Komentar