Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Indra Yasin Gagas Hari Khusus Penggunaan Bahasa Daerah

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 27 Maret 2021 | 16:05 WITA Tag: , , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat menerima kunjungan dari Balai Bahasa Gorontalo, Kamis, (25/03/2021). (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna melestarikan bahasa daerah, Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menggagas penggunaan Bahasa Gorontalo dan Atinggola. Artinya, dalam sepekan ada salah satu hari, pegawai di Gorontalo Utara menggunakan bahasa daerah.

“Itu digunakan dalam beraktivitas di lingkungan kerja masing-masing. Bahas daerah yang dimaksud yakni Bahasa Gorontalo dan Bahasa Atinggola,” kata Indra Yasin.

BACA  UMKM Sulit Dapat Modal, OJK: Itu Hanya Persoalan Komunikasi

Dijelaskan, Bahasa Gorontalo digunakan bagi instansi yang berada di kawasan yang masyarakatnya menggunakan bahasa tersebut. Demikian halnya Bahasa Atinggola, digunakan pada wilayah Atinggola.

“Ini merupakan upaya untuk melestarikan bahasa daerah yang pelan-pelan sudah mulai ditinggalkan. Bahkan kini anak muda sering menggunakan bahasa yang tidak ditemukan di kamus. Misalnya, bahasa gaul seperti halo guys,” kata Indra Yasin.

BACA  Bupati Gorontalo Utara Minta Bangunan Eks MTQ Segera Dilelang

Untuk pengguna bahasa daerah sendiri, mungkin saat ini mulai berkurang terutama dikalangan anak muda. Sehingga perlu untuk dibangun sebuah kesadaran dalam rangka melestarikan bahasa daerah sebagai bahasa kedua yang juga merupakan kekayaan bangsa dari sisi keanekaragaman bahasa.

“Untuk kalangan pegawai di lingkungan kerja Pemda Gorontalo Utara ketika ini diterpkan tentu harus menjalankannya. Termasuk juga ketika berbicara dengan tamu yang datang,” ujarnya.

BACA  Awasi Pangkalan Elpiji dan ASN Wajib Gunakan 5,5 Kilogram

Ketika ada tamu yang tidak dapat menggunakan bahasa daerah, tentu akan ada penerjemah yang akan menyampaikannya. “Dan saya akan tetap menggunakan bahasa daerah kepada setiap tamu yang datang ketika itu bertepatan dengan hari berbahasa daerah,” kuncinya. (abk/adv/hargo)


Komentar