Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Indra Yasin Harap Musrenbang Kecamatan Merangkum Aspirasi dari Desa 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 18 Februari 2022 | 06:05 Tag: , , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin semasa hidupnya.

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin berharap agar Musrenbang tingkat kecamatan dapat merangkum aspirasi dari level desa. Hal ini ditegaskan saat menghadiri Musrenbang di Atinggola, beberapa hari lalu. 

“Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan diharap dapat merangkum seluruh aspirasi yang disampaikan mulai dari Musrenbang Desa dan seterusnya,” kata Indra Yasin.

Pada kesempatan itu, Indra Yasin memaparkan sedikitnya ada empat prioritas pembangunan di Gorontalo Utara pada 2023 mendatang. Keempat prioritas pembangunan tersebut, yakni penataan kebijakan sistem pengawasan dan pengendalian pembangunan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

Kedua, mendorong pelayanan ekonomi kreatif dan UMKM, serta inovasi dan daya saing daerah dalam upaya penanggulangan kemiskinan, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan PAD untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan. Ketiga, pengembangan wawasan kebangsaan serta pendidikan politik masyarakat demi tercapainya stabilitas polhukam. 

Musrenbang di Kecamatan Atinggola yang dibuka langsung oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Istimewa)
Musrenbang di Kecamatan Atinggola yang dibuka langsung oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Istimewa)

“Terakhir, membangun lingkungan hidup dan meningkatkan ketahanan bencana,” kata Indra Yasin dalam sambutannya. 

Terhadap keempat prioritas pembangunan tersebut, diharapkan oleh bupati untuk perlu dijabarkan dalam bentuk program kegiatan yang kemudian direncanakan lewat tahapan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang), mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga tingkat kabupaten. 

“Nantinya setelah MMusrenbang tingkat kecamatan, OPD dapat meninjau ke lapangan atas usulan yang dipertimbangkan, diakomodir untuk menjadi bahan kerja dalam forum organisasi perangkat daerah (OPD) yang kemudian akan ditetapkan pada musrenbang RKPD Gorontalo Utara pada 2023,” ungkap Indra Yasin.

Dirinya berharap agar pemerintah desa juga berperan aktif dalam mensupport data dan dokumen pendukung atas usulannya. Pada kesempatan kesempatan tersebut, Indra Yasin juga menyampaikan apresiasi terhadap penggunaan SIPD dalam perencanaan pembangunan. 

“Untuk penggunaan SIPD sampai saat ini sudah digunakan dalam hal penyampaian usulan dari pemerintah desa sudah diinput secara online, sehingga tidak ada lagi alasan tidak ada ataupun keterlambatan penyampaian usulan,” tuturnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar