Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Indra Yasin Inginkan Tulude Jadi Objek Wisata Religi 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 3 Februari 2022 | 14:05 Tag: , , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin inginkan proses adat Tulude dipromosikan untuk menjadi objek wisata religi. Tujuannya agar adat etnis Sangihe dan Talaud itu, tersebut dapat dilestarikan.

“Jika terus dipromosikan dan menjadi objek wisata religi, maka pelestarian budaya itu akan jalan sesuai harapan,” kata Indra Yasin saat memberi sambutan pada acara Tulude di Desa Langge, Gentuma Raya, Senin (31/01/2022) lalu. 

Masih pada kesempatan yang sama, Indra Yasin menegaskan bahwa Wisata Religi Tulude di Gorontalo Utara akan dipusatkan Desa Langge dan akan menjadi pusat pengembangan dan pelestarian adat Tulude. Ia kemudian berharap, agar upacara Tulude itu dapat menjadi media berkomunikasi antara masyarakat Sangihe dan Talaud yang ada di Gorontalo Utara dan menjadikan momen tersebut sebagai bentuk ucapan syukur sekaligus mewariskan nilai-nilai seperti etika, moral, dan patriotik. 

Upacara adat tersebut dimeriahkan oleh penampilan tarian khas Sangihe, Masamper oleh Grup Maesa, Langge. Bahkan Indra Yasin bersama rombongan menyempatkan diri untuk mengikuti Tarian Masamper bersama warga Sangihe dan Talaud yang ada di Desa Langge. 

Tulude merupakan upacara adat tahunan yang diwariskan dari para leluhur masyarakat Nusa Utara, yang terletak di ujung utara Sulawesi Utara. Tulude telah dilaksanakan selama bertahun-tahun dan merupakan upacara adat sakral serta religius yang dilakukan oleh masyarakat etnis Sangihe dan Talaud. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 40 times, 1 visits today)

Komentar