Wednesday, 4 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Indra Yasin Optimis Gorontalo Utara Dapat Nilai Bagus

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Tuesday, 6 July 2021 | 04:05 AM Tags: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin

Hargo.co.id, GORONTALO – Mendapat penghargaan untuk ikut dalam penilaian Kabupaten Layak Anak, Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menegaskan bahwa terhadap berbagai aspek yang menjadi penilaian terhadap Kabupaten Layak Anak tersebut harus dapat terpenuhi. Baginya, Gorontalo Utara telah memenuhinya sebelum dilakukan penilaian.

Untuk saat ini, pihak Kementerian PP-PA dan Tim Independen tengah melakukan evaluasi dan meminta klarifikasi kepada pemerintah daerah. Dijelaskan oleh Indra bahwa dari sisi kesehatan terhadap fasilitas yang dibangun tentu dengan ikut memperhatikan keberadaan dari anak-anak.

“Baik dari dusun sampai kabupaten melakukan yang namaya lingkungan sehat, hidup sehat dan apa yang menjadi hak anak itu dipenuhi,” ungkap Indra Yasin.

Seperti halnya dari lingkungan sekolah, mulai dari tempat bermain, ketersediaan taman untuk ketersediaan udara segar kata Indra itu juga dipenuhi.

“Mulai dari sekolah, tempat bermain dan bahkan bagaimana menghirup udara yang segar juga disediakan taman dengan penataan lingkungan yang asri sehingga baik dari sisi kesehatan dan pemenuhan udara bersih serta estetikanya terpenuhi,” jelas bupati.

Itu merupakan sebagian dari program fisik, untuk program non fisik yang mendukung tumbuh kembang anak yakni kabupaten layak Air Susu Ibu (ASI) kata Indra. “Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada anak-anak agar mereka dapat tumbuh dengan baik kedepannnya karena asupan ASI mereka terpenuhi sampai batas yang ditentukan,” tegasnya.

Dengan pemenuhan ASI sesuai dengan batas usia yang dianjurkan kata Indra, tentu dari sisi kesehatan mereka akan memiliki imun yang alami dan kebal terhadap penyakit atau virus.

“Dengan kondisi tubuh mereka yang sehat karena terpenuhi asupan ASI mereka, tentu akan memiliki kekebalan alami sehingga dapat menahan serangan virus dan beberapa jenis penyakit lainnya,” ujarnya.

Untuk sekolah juga, daerah memiliki program yang sangat memperhatikan keberlangsungan belajar mengajar anak didiknya termasuk dalam memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dasar dari para anak didik pada saat mengikuti program belajar di sekolah.

“Mulai dari seragam sekolah yang disiapkan secara gratis bahkan untuk fasilitas lainnya yang dicarikan solusinya agar mereka tidak sampai putus sekolah,” tegas Indra.

Dan yang paling penting yakni ketika ada pasangan baru yang akan menikah tentu akan dilakukan pembinaan agar nantinya ketika mereka memiliki keturunan dan menghadapi beberapa situasi dalam rumah tangga mereka tidak sampai berdampak pada anak mereka.

“Seperti tidak cekcok di hadapan anak nantinya, dan juga terhadap hal lainnya seperti terus mensosialisasikan bahaya narkoba dan juga dengan melaksanakan berbagai perlombaan disiplin dengan tema polisi cilik dan lainnya,” paparnya.

Olehnya dengan berbagai program dan terobosan serta penilaian seperti ini, diharapkan generasi muda Gorut kedepan akan lebih baik sehingga akan lebih meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). (abk/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar