Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Inflasi 0,32 Persen, Rica Penyumbang Tertinggi

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Kamis, 2 Maret 2017 | 10:18 WITA Tag: ,
  


GORONTALO – hargo.co.id- Cabe rawit atau rica kembali menjadi penyumbang inflasi tertinggi selama bulan Fbruari 2017. Dari inflasi sebesar 0,32 persen, rica menyumbang 0,3101 poin, mengungguli tarif listrik, tomat-sayur, ikan sela/tude dan angkutan udara sebagai penyumbang inflasi tertinggi selama Februari 2017.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, Eko Marsoro, mengatakan, pada bulan Februari 2017, Kota Gorontalo mengalami kenaikan indeks harga konsumen dari 123,34 menjadi 123,74 sehingga perubahan tersebut menyebabkan inflasi sebesar 0,32 persen

BACA  RKB BRI Siap Kembangkan Inovasi UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

“Laju inflasi tahun kalender sebesar 1,61 persen.Sementara yoy (year on year) sebesar 2,84 persen,” ungkap Eko Marsoro dalam press confrence di kantornya, kemarin, Rabu (1/3)Terpisah, Bank Indonesia (BI) perwakilan Gorontalo,

melalui Manager Unit Komunikasi, Koordinasi dan Kebijakan, Unggul Priatna, menyampaikan, sesuai analisis pengendalian inflasi daerah pada periode Januari 2017, komoditas cabe rawit atau rica tercatat mengalami inflasi sebesar 103,19 persen (mtm) yang didorong karena terbatasnya produksi.

BACA  November Cerita Bersama Aston Gorontalo Hotel dan Villas

Para petani lokal, kata Unggul, belum dapat memenuhi permintaan pasar akibat kondisi curah hujan yang cukup tinggi pada Januari 2017 sehingga hasil panen turun, bahkan berkurang 50 persen. Selain itu, turunnya produksi disebabkan banyak tanaman rica yang terserang hama dan rusak.

BACA  Ini 6 Saran Ekonom ke Pemerintah Agar RI Keluar dari Jurang Resesi

“Disisi lain, permintaan dari pemasok dan pedagang cukup tinggi, capai 120 Kg per sekali panen. Pasokan dari daerah mitra dagang seperti Bolmong dan Moutong juga mengalami penurunan,” jelasnya.Sedangkan dari sisi eksternal, pengingkatan harga rica di Sulawesi Utara hingga Kalimantan juga ikut mendorong pengiriman pasokan rica ke daerah tersebut.(axl/hg)


Komentar