Selasa, 6 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Inggris vs Iran: The Three Lions Berpesta di Stadion Internasional Khalifa

Oleh Admin Hargo , dalam Sepakbola Sportivo , pada Selasa, 22 November 2022 | 02:05 Tag: , , , , ,
  Bintang Inggris Jude Bellingham (kanan) menyundul bola ke gawang Iran. Foto: Twitter/TheoSquiresECHO

Hargo.co.id, DOHA – Timnas Inggris sukses mengamankan tiga poin seusai menghajar Iran 6-2 di laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022.

Duel Inggri vs Iran berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Senin (21/11) malam WIB.

Gol-gol kemenangan The Three Lions lahir lewat lima pemain berbeda, yakni Jude Bellingham (35′), Bukayo Saka (43′, 62′), Raheem Sterling (45+1′), Marcus Rashford (71′), dan Jack Grealish (90′).

Adapun dua gol balasan Iran diborong Mehdi Taremi (65′ dan P.90+13′)

Tambahan tiga poin membuat Inggris untuk sementara memuncaki Grup B Piala Dunia Qatar 2022 dengan tiga poin, sedangkan Iran berada di dasar klasemen dengan nol poin.

Ulasan Pertandingan

Perbedaan kualitas pemain begitu terlihat di laga ini. Inggris terus mengepung pertahanan Iran sejak kick off dimulai.

Namun, serangan bertubi-tubi yang dibangun armada Gareth Southgate baru berbuah hasil pada menit 35′.

Jude Belingham memecah kebuntuan The Three Lions lewat golnya memanfaatkan umpan terukur Luke Shaw.

Melansir Opta, Bellingham (19 tahun 145 hari) menjadi pemain termuda kedua Inggris yang mencetak gol di Piala Dunia.

Bintang Borussia Dortmund itu berada di belakang striker legendaris Inggris, Michael Owen (18 tahun 180 hari) yang mencetak gol di Piala Dunia 1998 silam.

Gol dari Bellingham memotivasi Inggris untuk menambah keunggulan. Hasilnya, menit 43′ papan skor berubah menjadi 2-0. Sepakan kencang Bukayo Saka meluncur deras ke gawang Iran.

Inggris menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 lewat sontekan Raheem Sterling memanfaatkan assist Harry Kane.

Memasuki paruh kedua, Inggris masih menguasai jalannya pertandingan. The Three Lions menggenapkan keunggulan menjadi 4-0 pada menit 62′.

Bukayo Saka melakukan aksi individu brilian setelah menerima umpan Raheem Sterling. Bintang Arsenal itu kemudian melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau kiper Iran, Hossein Hosseini.

Dua menit berselang, Tim Melli -julukan Timnas Iran- mampu mengejutkan. Sepakan kencang Mehdi Taremi dari dalam kotak penalti menghunjam deras gawang Inggris.

Marcus Rashford tak mau ketinggalan mencetak gol di laga ini. Striker Manchester United itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit 71′ sekaligus membawa Inggris unggul 5-1.

Gol ini terbilang spesial karena Rashford baru 49 detik berada di lapangan. Berdasarkan catatan opta, ini merupakan gol tercepat ketiga dari pemain pengganti dalam sejarah Piala Dunia.

Pesta kemenangan Inggris ditutup oleh gol Jack Grealish pada menit 90′. Winger Manchester City itu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan assist Callum Wilson.

Jelang laga bubar, Iran mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah menganggap Declan Rice melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Beberapa pemain Inggris sempat melakukan protes. Namun, setelah mengecek Video Asisstan Referee (VAR), sang pengadil lapangan tetap teguh pada pendiriannya.

Mehdi Taremi yang maju sebagai algojo sukses mengecoh kiper Inggris Jordan Pickford dan mengubah papan skor menjadi 2-6.

Gol tersebut tidak berarti apa-apa karena Inggris tetap menang dengan skor telak 6-2. The Three Lions sukses mencuri tiga poin dari tangan Iran.(JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Inggris vs Iran: The Three Lions Berpesta, 2 Pemain Masuk Buku Rekor“. Pada edisi Senin, 21 November 2022.
(Visited 54 times, 1 visits today)

Komentar