Kamis, 2 April 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ingin Tahu Cara TNI AD Cegah Aksi Kejahatan dan Deteksi Bencana? Baca di Sini

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam HumKam Ragam , pada Rabu, 15 Januari 2020 Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Meningkatnya angka Kriminalitas di tiap tahunnya, serta banyaknya resiko akibat dari bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi, jajaran Kodim 1304 Gorontalo kembali mengaktifkan kembali Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) yang dimotori oleh Babinsa di masing-masing wilayah.

Melalui release yang disampaikan pada Rabu (15/01/2020), pengaktifan kembali Pos Kamling di masing-masing wilayah binaan Babinsa ini, atas dasar perintah Komandan Korem 133 Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold A.P Ritiauw saat menggelar apel gabungan pada Senin (13/01/2020) di Makorem 133 Nani Wartabone.

Atas dasar perintah itulah Dandim 1304 Gorontalo, Letkol Inf. H. Allan Surya Lesmana S.Sos langsung mengintruksikan seluruh Babinsanya agar segera mensoaialisasikan serta mengajak masyarakat disetiap wilayah binaannya, untuk membangun atau mengaktifkan kembali Pos Kamling.

Personel Babinsa, Kodim 1304 Gorontalo menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengaktifan kembali Pos Kamling. (Foto Istimewa)

Selaku Dandim yang membawahi Wilayah Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, Letkol Inf. H. Allan Surya menjelaskan, peristiwa bencana ombak besar yang sempat menelan korban serta merusak bangunan milik warga yang beberapa waktu lalu terjadi membuktikan, bahwa sistem keamanan lingkungan sudah mulai memudar, akibatnya peringatan bencana pun sudah tidak lagi ada akibat tidak berfungsinya Pos Kamling.

“Untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman serta siaga bencana, memang perlu dibangun kembali pos sistem keamanan lingkungan atau Pos Kamling dan Pos Jaga di sekitar wilayah tempat tinggal warga, tujuannya agar warga dan personel Babinsa yang ada di wilayahnya, dapat melakukan deteksi dini jika terjadi potensi bencana alam,” jelas Dandim 1304 Gorontalo.

Lebih lanjut Letkol Inf H. Allan Surya Lesmana S.Sos juga menambahkan, “Selain berfungsi sebagai alarm ketika terjadi bencana, Pos Kamling ini juga dapat berfungsi mencegah terjadinya aksi kejahatan,” tambah Dandim 1304 Gorontalo.

Dalam pembentukan Pos Kamling dimasing-masing wilayah ini, nantinya diwajibkan membuat alat komunikasi tradisional berupa Kentongan, yang berfungsi sebagai alat komunikasi darurat yang efektif dibanding dengan alat komonikasi lain. Kentongan bisa di gunakan meski di wilayah tersebut tidak ada aliran listrik maupun signal telepon. (zul/hg)