Saturday, 25 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ingin Tahu Empat Tugas Utama Seorang Kades? Baca di Sini

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara , pada Sunday, 1 August 2021 | 18:05 PM Tags:
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat melantik dan mengambil sumpah Kades Tolango PAW pada akhir pekan lalu. (Foto: istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menegaskan bahwa seorang kepala desa (Kades) memiliki 4 tugas utama. Keempat tugas utama itu harus dijalankan secara profesional.

Penegasan ini disampaikan Indra Yasin saat melantik dan mengambil sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) Kades Tolango Kecamatan Anggrek akhir pekan lalu. Menurutnya, empat tugas utama itu yakni menyelenggarakan pemerintah desa, melaksanakan pembangunan desa, melakukan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Yang perlu diingat bahwa seorang kepala desa dalam memimpin atau mengepalai pemerintahan desa memiliki 4 tugas utama. Itu harus dilaksanakan secara profesional,” tegas Indra Yasin.

Lanjut katanya, dalam pelaksanaan tugasnya, seorang kepala desa akan dibantu dan didampingi perangkat desa dan BPD. 

“Dalam artian, saat menjalankan tugas-tugasnya, tidak hanya kepala desa seorang yang menjalankan tugasnya atau yang bekerja. Namun pemberdayaan terhadap lainnya juga dilakukan, sehingga tugas-tugas serta pekerjaan lainnya akan terasa lebih ringan karena dikerjakan secara bersama-sama,” tegas Indra Yasin.

Kepada masyarakat, bupati juga berpesan agar dapat berperan aktif juga serta mendukung apa yang menjadi program pemerintah desa yang dilakukan dalam segala bidang. 

“Dalam hal ini kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada pemerintah desa harus dilaksanakan dengan maksimal sesuai dengan harapan. Termasuk dalam pelaksanaan pembangunan desa dalam segala bidang baik itu dalam bidang pertanian, perikanan maupun bidang lainnya,” ujarnya.

Pada pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut juga turut dihadiri oleh Plh. Sekda Gorut Suleman Lakoro, Anggota DPRD Gorontalo Utara, Camat Anggrek, Kaban Pemdes, serta dihadiri beberapa tokoh masyarakat yang bertempat di Aula Kantor Desa. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 50 times, 1 visits today)

Komentar