Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini 5 Tanda Anda Terindikasi Stres Berat

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 22 Agustus 2016 | 19:35 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – TANDA stres berat bisa dilihat dengan mudah. Stres merupakan ketegangan atau gangguan mental dan emosional, yang disebabkan faktor dari luar, misalnya karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga atau bahkan karena putus cinta.

Stres bisa diatasi dengan relaksasi, berlibur atau bercanda ria bersama keluarga dan teman-teman.

banner 728x485

Sebab, bila tingkatan stres sudah mencapai kronis, maka Anda akan mudah tertular oleh virus maupun penyakit yang ada di sekitar Anda.

Berikut ini beberapa tanda stres berat yang harus Anda ketahui, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (18/8):

1. Sering sakit kepala.

Banyak orang mengalami sakit kepala karena tegang, yang merupakan hasil dari mengepalkan rahang, leher, bahu atau punggung, yang pada gilirannya menyebabkan sakit kepala.

2. Nyeri tubuh.

Kadang-kadang sulit untuk menentukan perbedaan antara sakit yang terkait dengan stres dan nyeri akibat olahraga. Menurut Everyday Health, ketika kita stres maka sistem saraf simpatis akan mengaktifkan respon fly atau melawan.

“Darah kemudian dikirim ke kelompok otot utama yang meningkatkan ketegangan otot dan mempersiapkan Anda untuk melawan atau melarikan diri. Jika Anda tidak mengambil tindakan apa pun, otot bisa menjadi sakit atau nyeri,” kata Amy Przeworski, untuk Everyday Health.

3. Anda selalu sakit.

Jika Anda selalu flu, demam atau penyakit lain, ada kemungkinan akibat dari gizi buruk atau stres. Selain itu, stres sering menyebabkan kebiasaan makan yang buruk.

Stres menekan sistem kekebalan tubuh, karena hormon kortisol meningkat ketika Anda sedang stres.

Singkatnya, ini bisa menyebabkan pilek, radang tenggorokan, flu atau bahkan penyakit seperti rheumatoid arthritis, lupus dan fibromyalgia.

4. Gatal.

Kedengarannya aneh, tapi pikirkan ketika Anda sedang stres, Anda mungkin tidak sadar menggaruk lengan atau bahkan bagian dari wajah Anda. Hal ini karena stres meningkatkan peradangan kulit.

5. Jerawat.

Ketika Anda mendapatkan satu jerawat besar, stres bisa menjadi pemicu karena kortisol dilepaskan ketika Anda sedang stres. Jerawat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.(fny/chi/jpnn/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar