Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini 7 Manfaat Besar Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Rabu, 7 September 2016 | 13:21 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id – Yang sering makan lalapan, pasti sudah sangat mengenal daun beraroma khas ini. Kemangi dikenal juga sebagai bumbu dengan aroma khas dan kuat. Daun ini biasa di sajikan bersama dengan irisan ketimun, daun kubis, serta sambal untuk disantap bersama ikan goreng ataupun ayam goreng.

Selain menjadi pelengkap makanan, ternyata daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. berikut adalah manfaat daun kemangi bagi kesehatan.

1. Melancarkan aliran darah

BACA  Ini Dia 4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Mengkonsumsi daun kemangi dapat melancarkan aliran darah karena kandungan magnesium yang terdapat dalam kemangi membantu membuat pembuluh darah dan jantung menjadi rileks, dan aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.

2. Mencegah kemandulan

Untuk mencegah adanya kemandulan, ternyata kemangi memiliki kandungan zat arginin yang berfungsi untuk membuat daya hidup sperma semakin kuat, tentu nya untuk mencegah kemandulan.

3. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan organ jantung, daun ini mengandung magnesium dan juga beta karoten untuk menjaga kesehatan jantung, ini adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh jantung.

BACA  Usai Divaksin Covid-19, Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Tak Terinfeksi

4. Mengobati sariawan

Untuk mengobati sariawan kunyahlah daun kemangi lalu telan. Minum air hangat untuk melarutkannya. Lakukan sebanyak tiga kali sehari.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Untuk memperbaiki system kekebalan tubuh dapat menggunakan daun kemangi. Karena mengadung beta karotin yang berfungsi untuk meningkatkan respon antibody. Beta karotin juga bermanfaat untuk memperbaiki sel sel tubuh yang rusak.

BACA  7 Manfaat Ajaib Daun Pisang untuk Kesehatan

6. Membantu perkembangan tulang

Karena kemangi memiliki kandungan fosfor dan kalium yang baik untuk pembentukan dan perkembangan tulang. Daun yang wangi ini juga dapat mencegah tulang keropos.

7. Mengobati Panu

Panu dapat disembuhkan dengan daun kemangi. Caranya adalah dengan menghaluskan daun kemangi yang sudah di cuci bersih, campurkan dengan sedikit kapur sirih dan oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Sekian. (ats/hargo)


Komentar