Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini 8 Cara Mengatasi Bibir Hitam Menggunakan Bahan Alami

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Kamis, 23 September 2021 | 04:05 AM Tag: ,
  Ilustrasi bibir. (Pixabay)

Hargo.co.id, JAKARTA – Bibir hitam tidak hanya mengganggu penampilan, tapi bisa mengurangi rasa percaya diri si pemiliknya.

Penyebab bibir menjadi kehitaman bermacam-macam, mulai dari faktor genetik sampai gaya hidup seperti kebiasaan merokok, konsumsi kafein, paparan sinar matahari, hiperpigmentasi, atau memakai produk kosmetik yang sudah kadaluarsa.

Nah, buat kamu yang memiliki bibir hitam tidak usah bersedih.

Jika uang di kantong tidak cukup untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya.

Berikut ini cara mengatasi bibir hitam dengan bahan alami yang dilansir JPNN.com:

1. Pakai Lip Balm yang Mengandung SPF

Kamu hanya perlu mengoleskan lip balm yang mengandung SPF. Tujuannya melindungi permukaan kulit bibir dari paparan sinar matahari dan menjaga kelembaban bibir.

Eitssss, jangan salah ya, pakailah lip balm yang mengandung gliserin, aloe vera, lactic acid, minyak mineral, dan sorbitol. Kandungan tersebut dipercaya mampu memberi kelembaban pada kulit, termasuk kulit permukaan bibir.

Pastikan hindari lip balm yang mengandung perasa maupun pemanis buatan yang berisiko menyebabkan reaksi alergi.

2. Eksfoliasi Bibir

Melakukan eksfoliasi bibir dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area bibir dan merangsang produksi kolagen sehingga warna bibir bisa lebih cerah.

3. Scrub Bibir

Sekarang sudah ada berbagai produk lip scrub yang beredar di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Kamu juga bisa membuat lip scrub alami sendiri di rumah dengan cara cukup mudah. Pertama campurkan gula pasir dengan minyak almond atau madu secukupnya.

Gula akan bekerja untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir, sementara madu atau minyak almond berfungsi untuk memberi kelembaban pada permukaan kulit bibir.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Perawatan untuk mendapatkan bibir merah merona alami akan berujung sia-sia jika kamu tidak mencukupi asupan air putih.

Oleh karena itu, pastikan kamu minum air putih yang cukup agar kebutuhan mineral dalam tubuh tercukupi. Agar bibir kamu terlihat lebih segar dan merona alami. Tekstur permukaan kulit juga terlihat lebih segar.

5. Air Lemon

Cara mengatasi bibir hitam berikutnya dengan meminum jus lemon yang dicampur air hangat dan madu. Jus tersebut berfungsi mendetoksifikasi tubuh sehingga kulit bibir menjadi bersinar dan tampak lebih sehat.

Kamu juga bisa mengoleskan potongan lemon dengan lembut ke area bibir setiap malam sebelum tidur. Selanjutnya bilas bibir dengan air dingin keesokan paginya.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dipercaya memiliki sifat produksi anti-melanin yang cocok untuk mengatasi bibir hitam dengan cepat.

Campurkan satu setengah perasan jeruk nipis segar dengan satu sendok teh madu dan satu sendok teh gliserin. Aduk semua bahan hingga rata, oleskan dengan pada permukaan bibir sebelum tidur.

Setelah itu, bilas bibir dengan air hangat keesokan paginya.

7. Lidah Buaya

Sebuah penelitian menyatakan kandungan dalam lidah buaya dapat menghambat produksi melanin. Hal itulah yang membuat warna bibir tampak lebih cerah.

Cara mengatasi bibir hitam dengan aloe vera adalah dengan mengoleskan lidah buaya segar ke area bibir. Selanjutnya tambahkan minyak kelapa agar bibir terasa semakin lembab dan bernutrisi.

8. Kunyit

Menurut sebuah studi, kunyit dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi bibir hitam.

Caranya, campurkan 1 sendok makan susu cair, bubuk kunyit secukupnya, dan aduk hingga membentuk pasta dan tambahkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu padat.

Apabila adonan sudah siap, gosokkan pasta tersebut di bibir. Selanjutnya biarkan sekitar 5 menit sebelum dibilas dengan air dingin, kemudian oleskan pelembab atau lip balm pada permukaan bibir. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “8 Cara Mengatasi Bibir Hitam dengan Bahan Alami“. Pada edisi Rabu, 22 September 2021.
(Visited 28 times, 1 visits today)

Komentar