Kamis, 19 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Alasan DLH Terkait Sampah Menumpuk di Jalan Arif Rahman Hakim

Oleh Admin Hargo , dalam Metropolis , pada Minggu, 17 April 2022 | 14:05 Tag: , ,
  Salah satu tumpukan sampah di Jalan Arif Rahman Hakim yang tidak menggunakan wadah yang disiapkan oleh pemerintah. (Foto: Ardiansyah Kandoli/Untuk HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Tumpukan beberapa titik sampah di Jalan Arif Rahman Hakim sejak dua hari terakhir ini, sudah berkurang. Instansi terkait beralasan jika itu terjadi karena volume sampah pada Bulan Ramadan ini cukup banyak. 

Ini diungkapkan Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo, Walid Ali ketika dihubungi media ini. Menurutnya, setiap hari petugas kebersihan selalu mengangkut sampah di jalan tersebut. 

“Volume sampah memang banyak sejak Bulan Ramadan. Sehingga, ketika diangkut pada pagi hari, sorenya sudah menumpuk lagi,” kata Wali Ali ketika dihubungi melalui telepon. 

Penyebab lainnya, menurut Walid Ali, mobil yang mengangkut sampah di Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Pangeran Hidayat dan Jalan Jenderal Sudirman, hanya satu unit. Jadi, terkadang dalam sehari hanya bisa melayani satu kawasan, seperti kawasan di Jalan Pangeran Hidayat. 

“Jika demikian, maka pengangkutan sampah di jalan lainnya molor sehari, sementara produksi sampah terus meningkat. Itulah yang menyebabkan ada penumpukan, seperti di Jalan Arif Rahman Hakim,” kata Walid Ali seraya menambahkan jika saat ini sebagian sampah di jalan tersebut sudah diangkut. 

Walid Ali berharap kepada seluruh masyarakat setempat agar mohon bekerjasama dengan pemerintah Kota Gorontalo untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ini bertujuan agar tak terjadi penumpukan sampah di sembarang tempat yang bukan pada wadah yang disediakan. (***)

 

Penulis : Ardiansyah Kandoli

Penulis adalah mahasiswa magang dari UNG

(Visited 117 times, 1 visits today)

Komentar