Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Alasan Gubernur Gorontalo Badani Lima DOB

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 20 November 2021 | 17:05 PM Tag: , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menjadi narasumber pada Femmy Udoki Podcast di kediaman, Kelurahan Moodu, Kota Gorontalo. (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengakui bahwa banyak yang bertanya padanya kenapa masih mau memperjuangkan lahirnya lima DOB baru, padahal sisa masa jabatannya sebagai gubernur dua periode tidak lebih dari enam bulan lagi.

Hal itu disampaikan Gubernur Rusli saat diwawancarai pada Podcast Youtube Femmy Udoki di kediaman pribadinya, Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, Jumat (19/11/2021).

“Saya mantan Bupati dari daerah pemekaran (Gorontalo Utara). Saya tahu betul bagaimana dampak DOB bagi suatu daerah jika pisah dari kabupaten induk,” buka Rusli.

Ia mencontohkan, Gorontalo Utara saat masih bersama Kabupaten Gorontalo hanya mendapatkan APBD sebesar Rp.2 miliar. Sekarang APBD yang dikelola sudah di atas Rp.800 miliar setiap tahun.

“Jadi DOB selain memperpendek rentang pemerintahan juga untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuh Rusli Habibie.

Gubernur Rusli juga mengaku akan terus berjuang untuk daerah otonom meski tidak lagi menjabat gubernur. Dengan lobi-lobi dan kekuatan partai, Rusli yakin cita-cita masyarakat Gorontalo itu bisa terwujud.

Diketahui ada lima DOB yang saat ini diperjuangkan ke pemerintah pusat. Selain Kabupaten Panipi, Kabupaten Boliyohuto dan Kabupaten Gorontalo Barat yang sudah sejak lama diperjuangkan, ada juga Kota Telaga, Kabupaten Bone Pesisir yang diusulkan belakangan.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar