Selasa, 30 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Alasan Kayu Merah Dijadikan ‘Kampung Tertib Lalu Lintas’

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 6 November 2018 | 21:53 PM Tag: , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Ini warni bagi pengendara kendaraan bermotor. Yakni dilarang masuk ke Kelurahan Kayu Merah karena itu adalah kawasan Kampung Tertib Lalu Lintas.

Ini merupakan bentuk upaya untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat, tentang kesadaran dalam mentaati aturan dalam berlalu lintas, berbagai ide dan gagasan terus ditimbulkan. Penetapan Kampung Tertib Lalu Linta ini dilakukan pada Selasa 06/11/2018).

Perncanangan ini dilakukan oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang juga dihadiri oleh Wakapolda Gorontalo, Kombes Pol Jaya Subriyanto, Kapolres Gorontalo, AKBP Dafcoriza SIK dan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Olma Mangindaan Rahman.

Wakapolda Gorontalo Kombes Pol Jaya Subriyanto di hadapan sejumlah wartawan menjelaskan, pencanangan Kampung Tertib Lalu Lintas ini memiliki latar belakang, dimana Kabupaten Gorontalo (Kabgor) sangat baik dibandingkan yang lain. Selain itu, juga memiliki prestasi dimana Kawasan Tertib Lalu Lintas mendapatkan juara satu d itingkat nasional.

Namun yang paling menarik alasan Kayu Merah ditetapkan sebagai Kampung Tertib KLalu Lintas adalah kawasan itu sering terjadi kecelakaan. Makanya, Polda Gorontalo memprogramkan Kayu Merah sebagai Pilot Projek.

“Kita berharap, dengan dijadikan Pilot Projek, masyarakatnya bisa menjadi Tertib dalam berlalu lintas, sehingga berkurang kecelakaanya dan bisa dijadikan contoh sama dengan daerah yang lain. Saya yakin jika berhasil program ini, bisa dicontoh oleh daerah lainnya. Bahkan jika sampai ketingkat pusat, bisa menjadi contoh ditingkat pusat,” ungkapnya Kombes Pol Jaya Subriyanto seraya menambahkan, jika Kelurahan Kayu Merah merupakan daerah ke 3 yang dicanangkan sebagai Kampung Tertib Lalulintas.

Sementara itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menambahkan, pemerintah Kabgor sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Kepolisian dalam hal Satuan Lalu Lintas yang telah memilih Kelurahan Kayu Merah sebagai Kampung Tertib Lalulintas.

“Ini harus dipahami oleh masyarakat, dalam meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas. Alalsannya, jika melihat data, Kabupaten Gorontalo cukup luas dibandingkan daerah lain di Provinsi Gorontalo. Penduduk yang cukup banyak serta jumlah kenderaanya terbesar dan termasuk jalan yang paling panjang,” katanya.

Nelson Pomalingo menambahkan, apa yang telah dicanangkan, pemerintah daerah menjadi bagian yang terus melakukan. Selanjutnya akan membuat Taman Edukasi Lalu Lintas yang akan dibangun di Kelurahan Hunggaluwa, Limboto.

“Tahun ini kita juga akan merintis jalan untuk sirkuit balapan di Kelurahan Bongohulawa. Sehingga dari Hunggaluwa sampai ke Bongohulawa adalah areal untuk berlalu lintas yang baik. Sehingga dapat mehilangkan balapan liar yang saat ini masih marak,” tegasnya. (ded/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar