Selasa, 5 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Alasan Pilkades Serentak di Gorontalo Utara Ditunda

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Senin, 1 November 2021 | 02:05 Tag: , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat melantik penjabat kepala desa di Kecamatan Tolinggula beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Salah satu alasan kenapa Pilkades di Gorontalo Utara (Gorut) ditunda yakni karena pandemi Covid-19. Padahal, sesuai rencana, suksesi di level desa itu akan digelar pada November 2021. 

“Pilkades 2021 di Gorontalo Utara resmi ditunda untuk mengantisipasi kerumunan yang berpotensi menjadi penyebaran Covid-19,” ujar Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin.

Hal itu berdasarkan juga sesuai presiden yang disampaikan melalui Mendagri kepada para kepala daerah di seluruh Indonesia terkait dengan angka penyebaran Covid-19. Indra Yasin meminta kepada seluruh calon kepala desa agar tetap menjaga kondusifitas desa, seiring dengan kebijakan penundaan tersebut. 

“Kepada para calon kepala desa, saya meminta untuk senantiasa menjaga kondusifitas desa seiring dengan penundaan ini sebagai upaya mendukung penekanan terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gorut, meski kita telah berstatus PPKM Level 1,” kata Indra Yasin. 

Ia menekankan agar penundaan ini jangan ada oknum-oknum tertentu yang memanfaatkan situasi tersebut. 

“Saya pastikan Pilkades ditunda tahun ini dan akan direncanakan tahun depan,” ujarnya. 

Ada pun surat keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penundaan Pilkades Serentak tahun 2021 tertuang dalam nomor: 141/4251/sj yang ditujukan kepada bupati dan walikota di seluruh Indonesia. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar