Rabu, 21 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Berat Badan Bayi yang Normal Bila Mengkonsumsi ASI Eksklusif

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 30 Agustus 2016 | 12:40 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id INGGRIS- Bayi terlahir dengan berat normalnya yakni 2.500 gram-4.000 gram. Setelah mendapatkan ASI eksklusif selama kurang lebih pada dua minggu pertama setelah lahir beratnya naik lima persen, seperti dilansir Boldsky, Selasa (30/8/2016).

Hal wajar terjadi saat bayi mengonsumsi ASI eksklusif setidaknya mengalami kenaikan berat badan sekira 500 gram-1.000 gram setiap bulan. Hal ini harus rutin dipantau.

Jangan panik jika berat badan bayi turun seama masih dalam batas wajar pada bulan-bulan pertama seiring dengan tingkahnya yang terlalu aktif.

BACA  Ini Dia Tips Bersepeda untuk Penderita Penyakit Jantung

setalah bayi berusia enam bulan, berat badannya langsung meningkat secara drastis. Setelah satu tahun, beratnya bisa lebih dari dua kali lipat dari berat lahir. Jika berat badan lebih dari itu, maka lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter.

BACA  Kenali Pemicu Anak-anak Menyukai Kekerasan

Biasanya, bayi Anda kuat menyusu sebanyak tujuh hingga 12 kali dalam sehari semalam. Meskipun badannya tidak terlihat gemuk, ada bagian tertentu misalnya tangan, kaki, paha, atau pipi yang terlihat berisi dan kencang.

Kondisi ini berbeda dengan bayi yang minum susu formula. Sehingga bayi ASI tidak akan mengalami obesitas, karena susu yang keluar dari payudara ibu tidak berkalori tinggi.

BACA  Ini Dia Cara Atasi Bercak Cokelat di Wajah

Hal yang perlu diingat, makanan pendamping ASI boleh diberikanpada bayi jika sudah enam bulan. ASI yang bergizi dan makanan pendamping yang sehat dapat membuat berat badan bayi Anda terjaga.

(Sikah/Pojoksatu/hargo)


Komentar