Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Dia 10 Khasiat Luar Biasa Air Rebusan Kayu Manis

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Senin, 26 Juli 2021 | 14:05 Tag: ,
  Ilustrasi kayu manis. Foto: Pixabay

Hargo.co.id, JAKARTA – KAYU manis adalah bumbu yang ditaburkan di atas roti panggang dan latte.

Namun, ekstrak dari kulit kayu manis serta daun, bunga, buah, dan akarnya juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh dunia selama ribuan tahun.

Kayu manis digunakan dalam memasak dan memanggang, dan ditambahkan ke banyak makanan dan juga dalam bentuk air rebusan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir JPNN.com.

1. Menangkal Radikal Bebas

Kayu manis sangat tinggi akan sumber antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dan menyembuhkan penyakit.

Apabila radikal bebas terjadi dalam tubuh, maka akan merusak area tubuh seperti kerusakan DNA dan akhirnya akan merusak sel.

Apabila di dalam tubuh tersedia cukup antioksidan yang salah satunya bisa didapatkan dari bubuk kayu manis, maka akan langsung bereaksi untuk mencegah kerusakan sel.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Cinnamon atau kayu manis bubuk ini juga terbukti ampuh dalam mengurangi gula darah yang berperan aktif dalam menurunkan berat badan.

Kayu manis sangat baik untuk mengendalikan kadar insulin sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Jika metabolisme tubuh tinggi, maka karbohidrat sehat akan disimpan tanpa diubah menjadi energi yang nantinya akan membakar kalori lebih banyak dalam waktu singkat.

3. Mengobati Flu

Dalam bubuk kayu manis juga mengandung antioksidan serta antibakteri yang sangat baik dalam melawan bakteri berbahaya, memperbaiki aliran darah, dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Kayu manis juga memberikan suhu hangat alami dalam tubuh.

Sehingga hanya dalam 20 menit mengonsumsi bubuk kayu manis ini bisa mengatasi gejala flu seperti sakit tenggorokan, solusi batuk, bersin dan juga hidung tersumbat.

4. Meningkatkan Gairah

Kayu manis bubuk juga menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan gairah di ranjang.

Kayu manis sangat baik untuk meningkatkan panas tubuh sekaligus meningkatkan libido.

5. Mengatasi PMS

Premenstrual syndrome atau PMS yang menimbulkan kram dan nyeri pada area perut ini bisa diatasi dengan manfaat kalsium, mangan dan juga serat yang terkandung dalam bubuk kayu manis.

Selain itu, dalam kayu manis juga mengandung antipasmodik dan anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Kayu manis bubuk juga terbukti baik untuk kesehatan gigi. Kayu manis memiliki sifat anti bakteri yang akan membebaskan mulut anda dari bakteri perusak gigi sekaligus memutihkan gigi.

Bersihkan gigi dengan kayu manis bubuk dan kapas atau juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gigi yang sakit.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Bubuk kayu manis memiliki sifat antibiotik dan anti-mikroba yang akan melindung kulit dari beberapa gangguan seperti peradangan, ruam , iritasi, alergi dan juga infeksi.

Saat dikombinasikan bersama madu, maka kayu manis bubuk ini juga menjadi cara menghilangkan jerawat terbaik untuk wajah Anda dan menjadi solusi kecantikan kulit terbaik.

8. Mengurangi Nyeri Rematik

Bagi pengidap rematik, mengonsumsi kayu manis sangat dianjurkan karena rempah-rempah ini dipercaya bisa mengurangi nyeri rematik.

Hal ini turut didukung oleh penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine yang menunjukkan kayu manis bisa mengurangi sitokin, yaitu protein-protein kecil yang bisa menyebabkan rematik.

9. Baik untuk Kesuburan Wanita

Masalah kesuburan memang kerap dialami oleh wanita. Manfaat mengonsumsi kayu manis ternyata bisa membantu menambah kesuburan tersebut.

Sebab, kayu manis berkhasiat mencegah wanita terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome.

Kandungan enzim phosphatidylinositol 3 kinase yang terdapat di dalamnya mampu melawan penyakit yang mengganggu fungsi ovarium wanita ini.

Selain itu, kayu manis juga berkhasiat memperlancar siklus menstruasi bagi kamu yang jadwal datang bulannya tidak teratur.

10. Mencegah Diabetes

Khasiat kayu manis yang sudah dikenal banyak orang adalah bisa menurunkan gula darah.

Kayu manis bisa menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme, pertama dengan mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah mengonsumsinya.

Hal ini dilakukan dengan mengganggu sejumlah enzim pencernaan, sehingga karbohidrat bisa diurai dengan lebih lambat di saluran pencernaan.

Kedua, senyawa dalam kayu manis juga bisa bekerja pada sel dengan meniru insulin.

Hal ini bisa meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh, meskipun tidak secepat insulin itu sendiri.

Sejumlah penelitian yang sudah dilakukan pada manusia juga sudah mengonfirmasi efek anti-diabetes dari kayu manis, dengan menunjukkan hasil kadar gula darah puasa bisa turun sebesar 10-29 persen dengan mengonsumsi kayu manis.(JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “10 Khasiat Luar Biasa Air Rebusan Kayu Manis, Yuk Dicoba“. Pada edisi Senin, 26 Juli 2021.
(Visited 50 times, 1 visits today)

Komentar