Rabu, 28 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Dia 7 Kiat Menjaga Kesehatan Mata Anak Selama Sekolah Online

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Selasa, 13 Oktober 2020 | 15:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi belajar daring selama pandemi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN


Hargo.co.id, JAKARTA – Kebijakan kegiatan belajar mengajar (KBM) online membuat pelajar dari berbagai umur untuk terus menerus berinteraksi melalui layar elektronik.

Dilansir dari JPNN.com, Sejak sistem sekolah online diterapkan, terdapat peningkatan penggunaan ponsel pintar yang sangat siginifikan.

Terutama pada ponsel pintar (76 persen), laptop (45 persen), dan smart TV (34 persen).

Padahal, penggunaan layar yang terlalu lama bisa mengakibatkan sindrom keletihan mata digital (asthenopia) dan meningkatkan risiko mata minus (miopia), terutama pada anak-anak.

Hal ini disebabkan karena kebiasaan anak-anak yang terlalu sering bermain gim, belajar, dan membaca melalui komputer dan layar ponsel.

Oleh karena itu, untuk mencegahnya dibutuhkan kesadaran dari orang tua untuk menjaga kesehatan mata anak sejak dini.

Pasalnya, mata anak yang telah mengalami mata minus (miopia) memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit yang lebih serius di masa depan, seperti glaukoma, katarak, dan gangguan retina.

BACA  Ini 4 Alasan Anda Mudah Sekali Merasa Lapar

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata anak selama sekolah online dari rumah:

1. Jaga Jarak antara mata dan layar minimal 30 cm

Ini pentng untuk menjaga kelenturan mata. Ketika melilhat sesuatu dari jarak dekat, otot mata cenderung berkontraksi dan bekerja terus menerus sehingga lensa mata makin cembung dan berakhir dengan mata rabun jauh.

2. Menerapkan metode 20:20

Setiap 20 menit anak menatap layar, ajak mereka beristirahat selama 20 detik dan melihat objek yang jauh (dengan jarak minimal 6 meter).

Hal ini berguna untuk melatih kelenturan mata dan mengurangi keletihan mata digital.

3. Posisi duduk tegak

Salah satu penyebab kerusakan mata adalah karena terbiasa membaca atau belajar dengan posisi tiduran, sehingga menghalangi cahaya masuk secara optimal.

Untuk itu, posisi duduk tegak merupakan posisi ideal untuk menunjang cara kerja mata anak.

BACA  Ini Manfaat Air Rebusan Daun Sirih, Salah Satunya Ampuh Atasi Asma

4. Mengatur pencahayaan ruangan

Agar anak bisa belajar online dengan nyaman dan untuk menjaga kesehatan matanya, usahakan untuk memberikan pencahayaan yang cukup pada ruang belajar.

Hindari sudut yang gelap dan berbayang, karena akan memaksa mata bekerja lebih keras selama berjam-jam.

5. Nyalakan filter blue light (sinar biru) pada gawai

Tidak hanya menyebabkan mata cepat letih, paparan terhadap sinar biru secara terus menerus bisa meningkatkan risiko anak terkena glaukoma dan penyakit retina. Oleh karena itu, pastikan untuk menyalakan fitur filter sinar biru pada semua gawai yang digunakan anak.

6. Memberikan vitamin khusus untuk kesehatan mata

Sama seperti sistem imunitas tubuh, kesehatan mata anak juga perlu dijaga dengan rutin mengkonsumsi vitamin, seperti Eyevit Syrup.

Formula Eyevit Syrup teruji secara klinis mampu mengatasi mata lelah, perih dan pandangan kabur akibat terlalu lama sekolah online di depan layar komputer.

BACA  Simak! Ini Cara Mencuci Masker Kain

Eyevit Syrup juga bagus untuk mencegah mata minus (miopia) pada anak. Bahkan, Eyevit Syrup juga dapat mengurangi mata minus karena konsumsi Eyevit Syrup secara rutin meningkatkan kelenturan lensa, sehingga penglihatan anak menjadi lebih jelas.

7. Periksakan mata anak secara teratur

Untuk memastikan bahwa mata anak berfungsi secara optimal, periksakan kesehatan mata anak secara teratur, minimal enam bulan sekali.

“Pencegahan selalu lebih baik dari pengobatan. Terutama bagi anak-anak, kasihan jika sejak kecil mereka harus melekat dengan kacamata minus selamanya,” kata Heskhel Wijaya, Marketing Manager PT LAPI Laboratories, produsen suplemen mata Eyevit.

Eyevit tersedia dalam 2 varian, yaitu Eyevit Tablet dan Eyevit Syrup dengan rasa yang disukai anak-anak. (jlo/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “7 Kiat Menjaga Kesehatan Mata Anak selama Sekolah Online“. Pada edisi Ahad, 11 Oktober 2002.

Komentar