Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Dia 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Otak

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Rabu, 10 Februari 2021 | 08:05 WITA Tag: , ,
  Ilustrasi tomat. Foto: Pixabay


Hargo.co.id, JAKARTAMAKAN sehat sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik Anda.

Otak membutuhkan perhatian makanan Anda seperti halnya perut, jantung, dan hati.

Makan sehat itu penting, tetapi sesekali berikan perhatian ekstra pada materi abu-abu Anda dan makanan yang diperlukan untuk otak.

Tomat tidak hanya kaya akan rasa, tetapi juga kaya akan banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan melawan penyakit kronis, salah satunya, menjaga kesehatan otak.

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan otak, sebagaimana dilansir JPNN.com, Rabu (10/2)

1. Meningkatkan Memori Otak

Tomat mengandung beberapa senyawa lainnya yang bisa melindungi kesehatan dan juga fungsi otak.

Sebuah penelitian memperlihatkan jika kolin yang terkandung dalam tomat bisa meningkatkan ingatan jangka pendek, membantu dalam proses belajar dan juga mengatur tidur lebih baik.

BACA  Ini 4 Tanda Dia Sudah Tidak Mencintai Anda Lagi

Sedangkan asam alfa lipoik dalam tomat bisa menjaga jaringan otak, bahkan bisa menunda terjadinya gangguan pada otak manusia.

2. Mengatur Zat Kimia Otak

Manfaat vitamin C dalam tomat juga sering disebut dengan askorbat.

Dalam tubuh askorbat merupakan antioksidan kuat dan tertinggi yang paling banyak ditemukan di otak dan juga jaringan neuroendokrin.

Askorbat dalam tomat ini nantinya akan digunakan untuk mengatur lebih dari selusin neurokimia berbeda dalam otak, sehingga bisa menurunkan risiko stroke.

3. Mencegah Kerusakan Sel Otak

Lycopene yang ada dalam buah tomat memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi.

Fungsinya untuk membantu melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas, dan dianggap sebagai faktor utama dari penyebab penyakit demensia.

Lycopene dalam tomat tersebut nantinya akan melindungi otak dari gangguan kerusakan otak.

4. Sebagai Makanan Otak

Manfaat buah tomat mentah menjadi salah satu cara paling mudah dan ekonomis untuk meningkatkan asupan yang bertugas memproteksi otak karena kandungan karotenoid.

BACA  Ini 7 Rasa Lapar yang Perlu Diketahui untuk Hindari Penyakit Kronis

Ini merupakan molekul yang melindungi lemak dalam tubuh sekaligus sangat penting untuk otak.

5. Mencegah Alzheimer

Selain bisa memberikan manfaat antioksidan, lycopene yang terkandung dalam buah tomat ini juga bertugas untuk mengatur sel yang memengaruhi pertumbuhan otak dan juga peradangan.

Dalam sebuah studi menemukan, seseorang dengan gangguan kognitif ringan seperti penyakit alzheimer, maka biasanya memiliki kadar karotenoid rendah dalam darah mereka.

Dengan mengonsumsi tomat yang mengandung karotenoid tinggi ini, maka penyakit gangguan otak seperti alzheimer ini bisa dicegah dan diatasi.

6. Meningkatkan Plastisitas Saraf

Keunggulan mineral magnesium yang terkandung dalam tomat digunakan lebih dari 300 proses di dalam tubuh, dan ada lebih dari 50 proses yang dibutuhkan oleh otak.

BACA  Ini 3 Metode Melahirkan untuk Mengurangi Rasa Sakit, Ibu Hamil Perlu Terapkan

Manfaat magnesium ini bisa meningkatkan plastisitas saraf, sehingga nantinya saraf bisa beradaptasi, sekaligus menghindari dari kerusakan otak lebih baik.

Magnesium dalam tomat bisa meningkatkan fokus, meningkatkan memori, menurunkan kadar stres dan depresi sekaligus penting untuk perawatan ADHD serta hiperaktif.

Sekaligus menenangkan sistem saraf dan meningkatkan produksi energi dan neurotransmitter.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Tomat juga mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk memproduksi hemoglobin, sehingga bisa mengatasi anemia dan kadar oksigen rendah dalam tubuh penyebab sesak napas.

Tidak hanya itu, vitamin B6 dalam tomat ini juga sangat baik untuk mengatasi depresi dan kehilangan ingatan, sekaligus meningkatkan daya ingat agar lebih tajam.(genpi/jpnn/hargo)

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Otak“. Pada edisi Rabu, 10 Februari 2021.

Komentar