Selasa, 2 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Gejala Baru yang Dirasakan Pasien Covid-19 di Lidah

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Sabtu, 30 Januari 2021 | 23:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com


Hargo.co.id – Para pasien covid-19 memiliki gejala yang berbeda-beda. Kini ada gejala baru virus corona yang disebut sebagai “Covid Tongue” atau gejala Covid-19 pada lidah.

Gejala ini disampaikan oleh Profesor epidemiologi di King’s College London, Tim Spector. Spector menemukan dalam banyak kasus orang yang terinfeksi mengeluhkan perubahan warna lidah, pembesaran, dan masalah mulut lainnya.

“Melihat peningkatan jumlah covid tongues dan sariawan yang aneh. Jika Anda memiliki gejala yang aneh atau bahkan hanya sakit kepala dan kelelahan, tetaplah di rumah,” ujar Spector.

BACA  Usai Ikuti Vaksinasi Tahap II, Kapolres Pohuwato Minta Masyarakat Jangan Takut

Covid Tongue ditemukan Spector pada pasien covid-19 yang mengaku merasa tak nyaman dengan lidah mereka. Setelah diteliti, ada bercak atau luka seperti sariawan pada lidah pasien yang terkadang bisa terasa sakit.

Meski demikian, kondisi ini juga bisa dialami oleh penderita sariawan biasa atau herpes. Sehingga meski muncul bercak atau luka mirip sariawan di lidah, bukan berarti orang tersebut positif Covid-19.

Di Spanyol, dokter mengamati 666 pasien Covid-19 dan menemukan bahwa 78 orang di antaranya menunjukkan “temuan rongga mulut”.

BACA  Kabur dari RS Karena Takut Disuntik, Pasien Covid-19 Dihukum 4 Bulan Penjara

Dari kelompok itu, 11 persen mengalami peradangan pada benjolan kecil di permukaan lidah, lalu enam persen mengalami lidah bengkak dan meradang dengan lekukan di samping.

Enam persen menderita sariawan, empat persen memiliki area yang “tidak rata” di lidah, dan empat persen mengalami pembengkakan jaringan di mulut. Temuan ini tertuang dalam penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology.

“Rongga mulut membutuhkan pemeriksaan khusus dalam keadaan yang tepat untuk menghindari risiko penularan,” tulis para peneliti dikutip NBC News.

BACA  Dorong Partisipasi Masyarakat, Wagub Gorontalo Minta Pemda Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Sebagai informasi, masalah lidah atau mulut selain sakit tenggorokan tak dimasukkan dalam daftar gejala Covid-19 yang disusun oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Namun badan tersebut mengakui masih mempelajari lebih lanjut tentang virus corona, sehingga mereka tidak menyertakan semua kemungkinan gejala pada pasien Covid-19.(nbc/ngopibareng/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Simak! Ini Gejala Baru yang Dirasakan Pasien Covid-19 di Lidah“. Pada edisi Sabtu, 30 Januari 2021.

Komentar