Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Hasil Penelitian Tentang Physical Distancing untuk PAUD

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 21 Oktober 2020 | 23:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi


Hargo.co.id, GORONTALO – Tak ingin hanya tinggal diam dalam menyikapi wabah Covid-19, sejumlah dosen dan mahasiswa melakukan penelitian.

Tak tanggung-tanggung, dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ini, meneliti tentang pentingnya physical distancing di level pendidikan anak usia dini (PAUD).

Mahasiswa yang dilibatkan yakni dari Jurusan Bimbingan dan Konseling, dengan pihak eksternal. Penelitian tersebut bertajuk ‘Bimbingan konseling dalam pembelajaran physical distancing untuk Pendidik Guru-Pendidikan Anak Usia Dini dalam menghadapi Covid-19 di Kota Gorontalo’.

BACA  Begini Cara Humanis Polsek Dungingi Sosialisasi Protokol Kesehatan ke Warga

Nama-nama dosen yang terlibat dalam penelitian tersebut yakni Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, M.Psi (ketua tim), Dra. Mardia Bin Smith S.Pd. M.Si dan Ipan Kasan, S.Ag, M.Pd. Pihak mahasiswa yang terlibat yakni Rizal Hilala.

BACA  Peran Guru Dibutuhkan pada Sosialisasi Protokol Kesehatan

Kegiatan ini diantaranya sosialisasi produk hasil penelitian berupa buku saku; Panduan Implementasi Physical Distancing dilingkungan Pendidikan Anak Usia Dini.

“Tujuan kegiatan untuk membekali Guru Pendidikan Anak Usia Dini agar dapat membantu dan mendampingi anak usia dini sebagai peserta didik dalam proses pembelajaran agar terhindar dari terpapar Covid-19,” ujar Dr. Sukma.

BACA  Hindari Kerumunan, Debat Pilkada Pohuwato Digelar di Studio TVRI Gorontalo

Manfaatnya  memberikan pemahaman kepada Guru Pendidikan anak usia dini dalam proses pembelajaran awal. Supaya setiap guru PAUD dapat memahami penerapan physical Distancing untuk peserta didik di sekolahnya masing-masing, sebab usia anak-anak rentan akan penyebaran wabah virus Corona. (***)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar