Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Kata Walikota Jayapura Tentang Merlan Uloli

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Senin, 14 September 2020 | 21:35 WITA Tag:
  Calon Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Birokrat penuh inovasi, pekerja keras, ulet dan cerdas. Itulah penilaian Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano kepada Merlan Uloli, mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Jayapura.

“Dia (Merlan Uloli) adalah birokrat hebat. Juga perempuan cerdas, ulet dan pekerja keras,” ucap Walikota Jayapura melalui pesan singkat aplikasi WhatsApp, Senin (14/9/2020).

Banyak ganjaran prestasi yang didapat Pemkot Jayapura atas inovasi yang dilahirkan Merlan Uloli saat masih menjabat Kepala Disdukcapil. Salah satunya adalah penghargaan Dukcapil Hebat. Penghargaan itu datang dari Kemendagri pada 2017 silam.

BACA  Diperebutkan 29 ASN, Pemprov Gorontalo Lelang Enam Jabatan

“Banyak penghargaan dari saya untuk dia. Nama Pemkot harum dikancah Nasional lewat Dukcapil dengan level A terbaik Nasional. Ide-ide dan gagasannya sangat luar biasa,” tambah Benhur Tommy Mano.

Dengan prestasi itu, tak heran jika Walikota Jayapura merasa kehilangan setelah Merlan Uloli dipilih Hamim Pou untuk menjadi Calon Wakil Bupati di Pilkada Bone Bolango.

BACA  10 Hari Bergerilya di Kabila Cs, Dukungan ke HPMU Terus Mengalir

“Saya merasa kehilangan birokrat yang hebat, perempuan cerdas, ulet, pekerja keras,” pungkas Walikota Jayapura.

Sementara itu, Merlan Uloli pernah bilang bahwa beragam inovasi yang dilahirkannya itu datang dari cara berfikir, jika seandainya dia berada di posisi rakyat yang dilayaninya.

“Contohnya, inovasi 5 in 1. Ada pemuda yang baru saja menikah waktu itu di Jayapura. Kemudian dia ingin mengubah status pernikahan di KTPnya. Daripada hanya KTPnya saja yang diurus, sekalian saja Kartu Keluarganya kita buat yang baru. Sebelumnya kan dia dan istri masuk dalam KK orang tuanya. Terus KK dari orang tuanya dan orang tua istrinya juga kita update. Jadi satu kali datang, 5 administrasi yang selesai. Tidak perlu bolak-balik ke Dukcapil. Pulang dia bawa dua KTP baru, dan 3 KK yang update. Jadi lima administrasi dalam satu hari, itulah 5 in 1,” jelas Merlan Uloli panjang lebar.(adv/rwf/hg)

BACA  Wagub Minta Pemkab dan Pemkot Intensif Bina Qari dan Qariah

Komentar