Selasa, 4 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Langkah DPRD Menyikapi Aspirasi Warga Desa Sidoharjo 

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Kamis, 15 April 2021 | 16:07 WITA Tag: ,
  Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo, Syarifudin Bano


Hargo.co.id, GORONTALO – DPRD Kabupaten Gorontalo menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat di Desa Sidoharjo Kecamatan Tolangohula, terkait dana hibah tanah dan dugaan penyelewengan dana desa dari 2017 hingga 2020. 

DPRD melakukan rapat dengar pendapat (RDP) yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi l, Syafrudin Bano, Kamis (15/04/2021). Hasil RDP itu, pihak BPD Sidoarjo tidak bisa memperlihatkan dokumen APBDes tiga tahun berturut-turut. Sehingga hal tersebut sangat disayangkan oleh pihaknya. 

“Sangat disayangkan memang sebagai kepala desa justru tidak terlalu menguasai anggaran desa, terlihat dari penjelasannya yang justru paling banyak dijelaskan oleh Sekretaris Desa, ini sangat disayangkan,” ungkap Syarifudin. 

Aleg tiga periode ini menambahkan, apa yang menjadi laporan masyarakat tersebut telah menjadi perdebatan antara pihak pemerintah Desa dan BPD, sementara masing-masing hanya saling menyalahkan tetapi tidak menguasai pokok permasalahan. 

“Termasuk persoalan anggaran yang dilaporkan masyarakat ke DPRD,” tegas Syarifudin. 

Melalui kesempatan itu juga pihak Dewan meminta kepada Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan kembali di Desa Sidoharjo terkait pengelolaan anggaran dana desa. Selanjutnya untuk Pemdes juga bisa membuat Bimtek BPD se Kabupaten Gorontalo sehingga sistem pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

RDP yang dihadiri Dinas Pemdes, Inspektorat dan semua komisi gabungan DPRD tersebut, meminta klarifikasi ke pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atas laporan masyarakat, bahwa Desa Sidoarjo mengalami masalah dalam menjalankan roda pemerintahannya. (wie/adv/hargo)

BACA  Selvi Mandagi Ajak Emak-emak Manfaatkan Bulan Ramadan untuk Ibadah 

Komentar