Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Lima Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala di Rumah

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 18 Januari 2022 | 04:05 Tag: , ,
  Ilustrasi. (iStockPhoto.com / Pornpak Khunatorn)

Hargo.co.id, JAKARTA – SAKIT kepala bisa dialami siapa saja. Sakit kepala itu sendiri merupakan rasa nyeri yang terjadi diseluruh bagian kepala atau sebagian kepala.

Sakit kepala bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari kurang istirahat, minum alkohol, menatap layar komputer terlalu lama dan lainnya.

Anda mungkin tergoda untuk mengonsumsi obat agar sakit kepala segera hilang.

Namun, ada beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala.

Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir dari JPNN.com.

1. Minum air

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, beberapa proses metabolisme terpengaruh dan kekeringan di dalam sistem tubuh bisa memicu sakit kepala.

Saat Anda mulai merasakan sakit kepala datang, minumlah banyak air, jika memungkinkan, minumlah air hangat.

Selain memberikan hidrasi, langkah ini juga membantu mengatur pergerakan usus dan pada orang yang menderita sembelit, minum air hangat bisa membantu menghilangkan racun yang menyebabkan sakit kepala.

2. Pijat dengan minyak esensial

Minyak atsiri seperti lavender, peppermint dan eucalyptus memiliki kemampuan untuk menimbulkan relaksasi yang mendalam dan ini menjadikannya obat yang efektif untuk sakit kepala.

Ambil beberapa tetes salah satu dari minyak ini ke jari-jari Anda dan gosokkan dengan lembut ke kulit di pelipis, dahi, dan bahkan bagian belakang leher Anda.

Berbaringlah di ruangan yang tenang, sejuk dan gelap dengan mata tertutup lembut dan saat Anda menghirup uap minyak obat ini, kamu pasti akan merasakan sakit kepala berkurang intensitasnya.

3. Inhalasi uap

Beberapa penyebab sakit kepala adalah akibat dari kemacetan di rongga hidung dan sinus.

Dalam kasus seperti itu, beberapa menit menghirup uap akan membantu menghilangkan kemacetan dan sakit kepala Anda akan hilang tanpa bekas.

Untuk membuat pengalaman lebih santai, tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang disebutkan di atas ke dalam air di inhaler atau neti pot Anda.

4. Kayu Cendana

Ada cara alami yang bisa mengatasi sakit kepala, yakni dengan menggunakan kayu cendana.

Cendana memiliki sifat pendinginan yang luar biasa. Saat Anda sakit kepala, siapkan sedikit pasta cendana menggunakan air dan gosokkan ke dahi Anda.

Biarkan sampai mengering dan setelah beberapa menit, bersihkan dengan air biasa.

5. Jahe

Seiring dengan sifat pencernaannya, jahe juga berguna untuk mengatasi sakit kepala.

Manfaatkan kekuatan penghilang rasa sakit dari minyak atsiri yang ada dalam jahe

Cukup hancurkan sedikit jahe segar, rebus dengan air, saring dan minum cairan hangatnya dan Anda akan melihat pengurangan yang nyata dalam intensitas sakit kepala kamu.

Kemungkinan besar, obat ini bekerja sesuai dengan konsep dalam Ayurveda sakit kepala dipicu oleh beberapa gangguan kemampuan pencernaan tubuh.(JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “5 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala di Rumah“. Pada edisi Sabtu, 15 Januari 2022.
(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar