Sabtu, 31 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Makna ‘Bone Bolango Cemerlang’ dalam Visi Hamim-Merlan

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Kab. Bone Bolango , pada Sabtu, 26 September 2020 | 00:05 WITA Tag: , , , ,
  Calon Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Calon Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Bone Bolango maju cemerlang menjadi visi dari Pasangan Calon Hamim Pou dan Merlan Uloli (HPMU).

Ketua Tim Pemenangan HPMU, Yuriko Kamaru mengatakan Bone Bolango Maju memiliki dua dimensi makna, yakni dimensi pertama, Bone Bolango maju artinya menjadikan Kabupaten Bone Bolango yang terus bergerak.

“Bergerak lebih progresif kearah yang dicita-citakan bersama melalui komitmen lima pilar pembangunan; Masyarakat, Pemerintah, Dunia Usaha, Akademisi dan Media (Pentahelix). Memiliki aksi dan dinamika perubahan terus menerus atas pembangunan yang lebih baik. Melakukan lompatan yang terencana dan terukur sehingga hasilnya nampak kasat mata, dapat dirasakan dan dinikmati oleh seluruh rakyat Bone Bolango,” ujar Yuriko Kamaru, Jumat (25/9/2020).

Dimensi kedua, lanjut Yuriko, Bone Bolango maju artinya mandiri, juara dan unggul dalam pelayanan publik serta terdepan dalam tata kelola pemerintahan.

BACA  Banyak Pelanggaran, Kampanye Pilkada Berpotensi Penyebaran Covid-19

Sementara, Bone Bolango cemerlang, kata Yuriko, dalam makna luas adalah suatu kondisi memantapkan pembangunan Kabupaten Bone Bolango yang unggul dan berdaya saing, serta masyarakatnya berada pada tingkat peradaban tinggi.

“Cemerlang dalam makna akronim diterjemahkan kedalam 3 (tiga) pilar utama, yakni: CE (Cerdas), MER (Modern), LANG (Gemilang). Cerdas adalah kondisi masyarakat yang menjalani kehidupan sebagai warga negara berlandaskan kemampuan kesehatan jasmani dan rohani serta memiliki kecerdasan akal budi intelektual, akal budi emosional, dan akal budi spiritual. Kecerdasan tersebut merefleksikan sebuah kondisi masyarakat religius yang senantiasa memahami dan mengamalkan nilai-nilai moral, etika dan agama. Kecerdasan dimaksud juga menggambarkan suatu kondisi masyarakat yang sehat, masyarakat terdidik, serta masyarakat dinamis dengan kreatifitas, inovasi dan produktivitas tinggi,” jelas Yuriko panjang lebar.

BACA  Pilih Hamim - Merlan, Rakyat Dijamin Tak Akan Menyesal

Berikut modern. Modern adalah kondisi entitas masyarakat Bone Bolango yang memiliki kemajuan peradaban manusia dengan bercirikan kemampuan adaptasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kondisi tersebut terwujud juga dalam kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang selalu memberikan yang terbaik dalam pelayanan publik, pemerintahan yang responsive dan innovative (Innovative Government), serta mengedepankan penyelenggaraan pemerintahan yang mempunyai akuntabilitas tinggi (Accountability) terhadap tugas dan tanggung jawabnya terhadap masyarakat,” tandasnya.

Berikut, kata Yuriko, Gemilang. Memiliki makna capaian kinerja pelayanan pemerintahan yang diindikasikan dengan suatu kondisi masyarakat sejahtera dari sisi ekonomi dalam konteks kesejahteraan sosial, dan sejahtera dari sisi kebijakan sosial yang memberikan penekanan pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dengan target besar yakni pengurangan rakyat miskin secara konsisten dan berkelanjutan. Menurutnya, dari dimensi wilayah mempunyai makna sebagai wilayah dengan keunggulan comparative dan keunggulan competitive.

BACA  Proyek Jalan Pilolalenga - Biluhu Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

“Kondisi Bone Bolango gemilang yang ingin diwujudkan dan menjadi komitmen besar seluruh stakeholder pembangunan antara lain cita-cita untuk mewujudkan Bone Bolango sebagai kutub pertumbuhan baru di bagian timur Gorontalo, kawasan strategis pendidikan, kawasan utama pariwisata, serta mempertahankan peran Bone Bolango sebagai kawasan penyangga ekosistem lingkungan (Green City). Cita-cita tersebut juga dalam konteks mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, kemandirian desa, pertanian yang terintegrasi (hulu hilir integrated), peningkatan pertumbuhan investasi dan pendapatan daerah,” pungkas Yuriko.(adv/rwf/hg)


Komentar