Minggu, 29 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Penjelasan Dekan Fekon UNG Tentang Dampak Covid-19

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 5 November 2020 | 14:05 WITA Tag: , ,
  Dekan Fakultas Ekonomi, UNG, Dr. Muhammad Amir Arham, M.E


Hargo.co.id, GORONTALO – Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak awal Maret 2020 sangat berdampak pada sebagian besar perekonomian masyarakat tanah air. Itu karena adanya pembatasan aktivitas agar transmisi penularan dapat dicegah.

Menurut Dekan Fakultas Ekonomi (Fekon), Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Muhammad Amir Arham, M.E, bahwa sektor yang paling terpukul di era Pandemi  Covid 19 adalah transportasi. Kemudian berdampak terhadap sektor pariwisata. Sementara sektor ini memiliki keterkaitan dengan sektor lainnya terutama UMKM.

BACA  Begini Cara Penerapan Protokol Kesehatan di Mapolsek Suwawa

“Sektor transportasi sangat menunjang suplai, meskipun produksi tersedia tetapi selama pandemi ada PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ini tentunya mengakibatkan aksesibilitas tersendat, Sehingga kegiatan usaha juga mengalami penurunan,” jelas . Muhammad Amir Arham.

Lanjut katanya, penggunaan protokol kesehatan harus dijalankan dengan ketat karena hanya hal ini yang harus ditekankan oleh pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

BACA  Menuju Zona Hijau, Warga Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

“Pandemi yang masih belum berakhir, akhirnya berdampak terhadap demand, karena pendapatan menurun bahkan ada yang kehilangan pekerjaan. Nah, jika suplai tersendat dan demand menurun, maka ini akan menurunkan perekonomian. Maka pilihannya tidak mungkin lagi diadakan PSBB. Karena itu protokol kesehatan harus jalan seketat mungkin,” tambahnya.

Muhammad Amir Arham menambahkan, di tengah pandemi yang masih berlangsung, maka sudah seharusnya sektor yang paling di dorong adalah sektor pertanian.

BACA  Terapkan Protokol Kesehatan, Debat Cabup Kabgor Hanya Boleh Dihadiri 68 Orang

“Karena social distancing dan physical distancing tidak terlalu diperlukan di sektor pertanian. Selain di tengah krisis yang paling banyak dibutuhkan adalah kebutuhan dasar yakni pangan,” kuncinya. (***)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar