Senin, 25 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Penjelasan Pemerintah Tentang Vaksin Covid-19 di Gorontalo Utara

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 14 Januari 2021 | 00:05 WITA Tag: , ,
  Youke Lumataw.


Hargo.co.id, GORONTALO – Jumlah vaksin Covid-19 yang diperoleh Gorontalo Utara yakni sebanyak 1.141. Hanya saja, untuk tahap pertama ini, Gorontalo Utara mendapat 1.000 vaksin untuk diberikan kepada tenaga kesehatan dan lainnya.

Ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Youke Lumataw ketika dihubungi media ini. Menurutnya, secara keseluruhan Gorontalo Utara mendapatkan jatah sebanyak 1.141 vaksin.

“Namun kemungkinan untuk pengiriman pertama baru sebanyak 1.000 vaksin,” ungkapnya.

BACA  Jangan Beri Stigma Negatif Terhadap Penderita Covid-19

Terkait dengan jadwal pengiriman vaksin ke Gorontalo Utara, menurut Youke Lumataw, pihaknya belum mengetahui secara pasti soal waktu tepatnya hari dan tanggal pengirimannya kapan.

 “Karena kami masih harus menunggu lagi informasi terakhir yang akan disampaikan oleh pihak Provinsi Gorontalo,” jelas Youke Lumataw.

Disisi lain untuk kesiapan petugas yang akan melakukan vaksin atau disebut vaksinator, kata Youke Lumataw, itu juga telah disiapkan tenaganya.

BACA  Kena Razia Keramaian, Sejumlah Rumah Makan Ditutup

“Untuk tahap pertama yang telah mendapatkan pelatihan dan lainnya itu sebanyak 15 orang dan untuk tahap 2 (dua) itu sebanyak 20 orang. Artinya, secara keseluruhan tenaga vaksinator di Gorontalo Utara sebanyak 35 orang,” jelasnya.

Terkait titik atau lokasi pelaksanaan vaksinasi, dilakukan di tempat yang berdekatan dengan fasilitas pelayanan kesehatan atau dengan kata lain akan dilaksanakan di Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah di Gorontalo Utara.

“Pelaksanaan vaksinasi itu di 15 Puskesmas yang ada di Gorontalo Utara. Untuk klinik nanti akan diusulkan sebagai lokasi vaksinasi nanti pada tahap 3. Pasalnya klinik belum dapat dijadikan lokasi apabila tidak disiapkan vaksinatornya,” paparnya.

BACA  Soal Interpelasi, Matran: Sikap DPRD Tergantung Penjelasan Bupati

Pada dasarnya kata Youke Lumataw, daerah telah melapor ke provinsi bahwa Gorontalo Utara telah siap untuk melaksanakan vaksinasi. Hanya saja soal waktu baik itu pelaksanaan dan juga jadwal pengiriman vaksin masih menunggu informasi selanjutnya dari Provinsi Gorontalo. (abk/adv/hg)


Komentar