Sabtu, 12 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Penjelasan PUPR Soal Iuran Taperum Belum Dicairkan

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Kamis, 9 Juli 2020 | 21:05 WITA Tag: , ,
  Ini Penjelasan PUPR Soal Iuran Taperum Belum Dicairkan


Hargo.co.id, JAKARTA – Kementerian PUPR menyampaikan, saat ini dana iuran Taperum belum dapat dicairkan. Sebab, pemerintah masih menunggu terbitnya sejumlah regulasi terkait likuidasi tersebut.

Seperti diketahui, transisi perubahan dari Bapertarum menjadi BP Tapera menimbulkan polemik bagi para pesertanya. Banyak keluhan terkait lamanya proses pencairan dana Taperum setelah adanya perubahan dari Bapertarum ke BP Tapera.

Hingga kini, uang iuran pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum cair. Padahal likuidasi Bapertarum-PNS sudah dilakukan sejak Maret 2018 lalu.

BACA  Waduh! Tank TNI AD Tabrak 4 Motor dan 1 Gerobak Tahu

Seperti yang dilansir JawaPos.com, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Eko D. Heripoerwanto menjelaskan, peraturan pemerintah dan kebijakan pendukung yang dimaksud terdiri dari 1 amanat Peraturan Presiden, 10 amanat Peraturan Menteri, kemudian 13 amanat Peraturan BP Tapera. Dua di antara 10 Peraturan Menteri yang sedang dalam proses penyelesaian adalah Keputusan Menteri PUPR tentang Tim Likuidasi dan Peraturan Menteri Keuangan tentang Tata Cara Pengalihan dan Pengembalian Dana Taperum PNS. “Saat ini belum bisa dilakukan karena itu tadi PP-nya belum ada dan kemudian peraturan berikutnya belum ada,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Kamis (9/7).

BACA  Pemerintah Pusat Minta Daerah Tidak Asal Buka Bioskop

Ia mengatakan, persoalan ini harus diselesaikan sebelum akhirnya BP Tapera beroperasi penuh pada 2021. Selain menyelesaikan masalah likuidasi dana Taperum ke Tapera, BP Tapera juga wajib menyelesaikan masalah dana FLPP hingga mendata ASN, TNI, dan Polri yang akan dialihkan ke program Tapera.

BACA  KAMI Tandingan Versi Mahasiswa, Dukung Kebijakan Pemerintah

“Sebelum operasi, harus selesaikan masalah likuidasi tadi, kemudian terkait dengan dana FLPP. Kemudian, BP Tapera melakukan pencatatan ASN, TNI, Polri, dan seterusnya, itu sebelum operasi penuh BP Tapera 2021,” tukasnya. (es/rb/jawapos/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com dengan judul: “PUPR Jelaskan Alasan Iuran Taperum Belum Bisa Dicairkan“. Pada edisi Kamis, 09 Juli 2020.

Komentar