Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Penyampaian Kadis Kominfotik Pada Pra Launching Program Gorontalo Digital

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 29 Maret 2022 | 23:05 Tag: , , , ,
  Kegiatan pra launching Gorontalo Digital yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, di gedung bele limbui, Selasa (29/03/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Darda Daraba, membuka kegiatan pra launching Gorontalo Digital yang digelar oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Gorontalo, yang berlangsung di gedung Bele Limbui, Selasa (29/03/2022).

Kepala Diskominfotik Masran Rauf menyampaikan pelaksanaan pra peluncuran Gorontalo Digital ini di kaloborasikan dengan sosialisasi Perki nomor 1 tahun 2018 tentang slip desa. Kegiatan ini juga dilaksanakan berdasarkan UU nomor 11 tahun 2011 tentang informasi dan transaksi elektronik

“Kegiatan ini kami laksanakan secara simultan  yang nanti akan kami laksanakan puncaknya pada saat kick off Gorontalo digital pada April bulan depan. Nantinya kegiatan ini juga akan menjadi milik kita semua, utamanya para ayahanda dan bunda se-Provinsi Gorontalo yang menjadi locus keterpilihan dari pada kegiatan yang akan kami laksanakan ini,” ungkap Masran Rauf.

Sementara itu pada kesempatannya Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba menyampaikan mendukung penuh kegiatan yang berbasis digital ini. Menurut Sekda, di era industri 4.0 ini telah mendorong transformasi digital di segala aspek, mulai dari aspek sosial, budaya, ekonomi hingga tatanan pemerintahan.

Sekda menyebut oleh karena itu pemerintah dituntut untuk bisa menghadirkan layanan publik yang lebih cepat, lebih mudah, transparan dan akuntabel melalui penyediaan sarana dan prasarana digital secara daring atau melalui jaringan internet. Hal itu sejalan dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Menyadari kondisi tersebut, pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Kominfo dan Statistik menggagas program Gorontalo Digital. Program ini mendorong Pemerintah Kabupaten dan Kota hingga ke tingkat Desa untuk mengembangkan aplikasi Desa secara daring. Aplikasi yang diharapkan bisa memberikan layanan pemerintah kepada masyarakat serta sebagai wadah penyebarluasan informasi dan potensi desa,” ucap Darda Daraba.

Untuk itu Darda Daraba berharap momentum ini bisa jadikan sebagai langkah awal perbaikan bersama menuju tatanan pemerintah yang lebih modern dan lebih informatif. Di mana dalam waktu dekat ini, Kominfotik Provinsi Gorontalo akan melakukan peluncuran program digital dengan menjadikan 22 Desa dan Kelurahan di Provinsi Gorontalo sebagai lokus percontohan peneriman program Gorontalo Digital.

“Seperti Desa Digital di Desa Lamahu yang telah lebih dulu eksis dan diakui di tingkat nasional. Beberapa desa lainnya juga sudah mulai bergerak kearah digitalisasi namun sayangnya belum mengacu pada standar SPBE. Oleh karena itu saya berharap seluruh peserta yang hadir bisa mengikuti kegiatan sebaik baiknya,” harap Darda Daraba.

Pra launching Gorontalo Digital ini juga dihadiri oleh Koordinator Bidang Komunikasi Bappenas RI Ibu Dewi Sri Sotijaningsih, Komisioner Komisi Informasi RI Wafa Patria, perwakilan Komisioner Komisi Informasi Daerah, perwakilan Kadis Kominfo Kabupaten/Kota, perwakilan Kadis PMD Dukcapil Kabupaten/Kota serta perwakilan Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Kota.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar