Minggu, 11 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Penyebab Kebakaran Lahan yang Terjadi di Kabupaten Gorontalo

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Metropolis , pada Sabtu, 14 September 2019 | 16:05 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Akhir-akhir ini, kebakaran sering terjadi. Semua itu dipicu oleh kemarau panjang yang menyebabkan semua mudah terbakar. Demikian halnya kebakaran yang terjadi pada lahan gambut di Dusun Bondula, Desa Pilolalenga, Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, Jumat (13/09/2019).

BACA  Kapolri Benarkan Kantornya Diserang OTK Bersenjata

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa ini pertama kali diketahui oleh seorang warga sekitar pada pukul 19.42 Wita. Berdasarkan informasi tersebut, personil Damkar yang dibantu oleh aparat TNI dan Polri langsung menuju lokasi untuk lakukan pemadaman.

“Kami mampu memadamkan api, bahkan sampai dengan pendinginan. Selain itu, juga melokalisir titik api, guna memastikan bahwa sudah tidak ada sumber api lainnya,” kata salah seorang petugas pemadaman.

BACA  Bengkel Diminta Tak Jual dan Tak Pasang Knalpot Racing

Dugaan sementara, api berasal dari pembakaran sampah di sekitar lahan gambut milik warga yang sengaja dibakar tanpa ada pengawasan. Selain itu, keringnya lahan gambut akibat musim kemarau, serta tiupan angin yang kencang, membuat api cepat merambat dan membesar.

BACA  Polres Gorontalo Amankan Tiga Orang Terduga Terkait Narkoba

Usai memadamkan api, petugas Damkar, TNI dan Polri, juga sosialisasikan tindakan pencegahan dini kebakaran. (zul/hg)


Komentar