Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Pesan Wagub Gorontalo Terkait Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Selasa, 3 November 2020 | 14:05 WITA Tag:
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri) didampingi Wakil Bunda PAUD Provinsi Gorontalo Nurinda Rahim, menyaksikan penandatangan kerja sama pengembangan PAUD holistik integratif pada Rakor Pokja Bunda PAUD tingkat Provinsi Gorontalo di aula Kantor BP PAUD dan Dikmas Provinsi Gorontalo, Senin (2/11/20202). Foto: Istimewa


Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengingatkan pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak, utamanya anak usia dini. Hal itu diutarakannya saat membuka rapat koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Provinsi Gorontalo di aula Kantor Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Gorontalo, Senin (2/11/2020).

“Anak dalam usia dini merupakan usia emas, jangan biarkan pengasuhannya diserahkan kepada orang lain. Orang tua harus tetap menjadi yang utama dan pertama dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya,” tegas Wagub Idris Rahim.

BACA  37 Kepala Keluarga di Dusun Embung Terisolasi

Idris mengatakan, anak dari umur nol sampai enam tahun harus dipersiapkan sedini mungkin, baik itu pendidikannya, layanan gizi dan kesehatannya, pengasuhannya, dan juga perlindungannya. Menurutnya, mewujudkan PAUD yang holistik integratif merupakan tanggung jawab bersama orang tua, Bunda PAUD Provinsi dan kabupaten/kota, seluruh seluruh pemangku kepentingan.

“PAUD holistik integratif itu artinya semua harus terkoordinasi dan menjadi tanggung jawab bersama seluruh pihak terkait. Kita harus bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk kemajuan PAUD di Gorontalo,” imbuhnya.

BACA  Warga Terdampak Banjir di Dulupi Terima Bantuan Beras CPPD

Oleh karena itu, Wagub Idris Rahim berharap rakor Pokja Bunda PAUD akan mampu menyusun program kerja yang bersinergi dengan seluruh instansi terkait. Di bawah koordinir Bunda PAUD, Idris menaruh harapan program PAUD holistik integratif akan mampu dikembangkan lebih baik dan paripurna.

“Bunda PAUD harus bisa mengkoordinir seluruh instansi untuk menyusun program pengembangan PAUD holistik integratif. Ini sangat penting karena anak usia dini adalah investasi bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa kita kelak,” ujar Wagub Idris Rahim.

BACA  Pemprov Gorontalo Dukung Peningkatan Balai Pemasyarakatan Kelas II Menjadi Kelas I

Pada kegiatan itu ditandatangani perjanjian kerja sama dalam pengembangan PAUD holistik integratif antara Bunda PAUD Provinsi Gorontalo dengan instansi terkait. Turut hadir pada rakor tersebut kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Syafrudin Baderung, Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo Yosep Koton, Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo Hartati Suleman, Wakil Bunda PAUD Provinsi Gorontalo Nurinda Rahim, serta Bunda PAUD kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo.(zul/adv/hargo)


Komentar