Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Respon DPRD Terkait 5.609 UMKM di Gorontalo Utara

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Jumat, 22 April 2022 | 04:05 Tag: , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik

Hargo.co.id, GORONTALO – Saat ini di Gorontalo Utara (Gorut) terdapat 5.609 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Itu tersebar di 11 kecamatan yang jenis usahanya meliputi sektor jasa, pertanian, pangan serta olahan lainnya dan turunannya. 

Jumlah itu tentu menimbulkan pertanyaan. Kemana mereka memasarkan produknya? Pasalnya, jika produk tersebut tak terpasarkan, maka yang muncul bukan keuntungan. namun mereka justru rugi. Ujung-ujungnya, usaha tersebut tidak mensejahterakan. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik. Dirinya mempertanyakan, apakah ada instruksi dari kepala daerah kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Gorut untuk membeli atau mengkonsumsi produk UMKM lokal tersebut. 

“Selama ini, apakah ada atau akan ada instruksi dari pimpinan daerah atau pimpinan OPD agar para ASN ini membeli produk-produk mereka,” kata Hamzah Sidik.

Ditambahkannya, selama ini tidak ada instruksi dari pimpinan daerah terhadap ASN untuk mengkonsumsi produk UMKM lokal. Terlebih dalam menyambut Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. 

“Pastinya UMKM lokal akan lebih semangat dan kreatif dalam mengelola usaha mereka ketika ada kepedulian dari para ASN Gorontalo Utara terlebih dengan adanya instruksi dari pimpinan daerah untuk mengkonsumsi produk lokal yang diproduksi oleh UMKM lokal juga,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 21 times, 1 visits today)

Komentar