Saturday, 31 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Tanggapan DPRD Tentang Kualitas Audit Inspektorat Gorontalo Utara

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Wednesday, 16 June 2021 | 06:05 AM Tags: , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Hamzah Sidik mengaku pusing setelah mendengar keterangan Kepala Inspektorat, Syamsul Bahri Poe saat memberi keterangan saat diperiksa oleh Panitia Hak Angket, Selasa (15/06/2021). Hamzah Sidik lantas mempertanyakan kualitas audit lembaga tersebut. 

“Dokumen yang diminta pada hari pertama, ternyata tak dibawa pada pemeriksaan selanjutnya. Bahkan ada dokumen penting yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan juga tidak ada atau tidak dapat ditunjukan,” kata Hamzah Sidik. 

Informasi yang berhasil dihimpun yakni pada pemeriksaan itu, terkait dengan dana hiba Pramuka. Menurut Hamzah Sidik, ternyata Syamsul Bahri Poe tidak siap dan tidak membawa dokumen yang dibutuhkan seperti LPJ, SPJ dan NPHD.

“Salah satu contoh ditemukan dan diduga merupakan sebuah pelanggaran yang juga membuat pihak Panitia Hak Angket bertanya-tanya yakni terkait dengan tanda tangan pihak pertama dan pihak kedua tentang dana hibah Pramuka. 

“Pada Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang bertanda tangan selaku pihak pertama yakni saudara Sekretaris Daerah selaku pemberi hibah. Pihak kedua selaku penerima hibah ditandatangani oleh Sekretaris Kwartir Cabang Pramuka Gorontalo Utara, Youke Lumataw,” jelas Hamzah Sidik.

Lanjut kata Hamzah Sidik, ketika melihat hasil audit, terjadi perubahan yang membuat semua pihak pasti kaget. 

“Pihak pertama sebagai pemberi hibah telah berganti menjadi Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin dan pihak kedua sebagai penerima hibah yakni Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gorontalo Utara, Ridwan Yasin,” tegasnya.

Menurut Hamzah Sidik, ini sesuatu hal yang aneh. Bahkan ketika ditanyakan kepada Inspektur justru dikatakan bahwa ini sebuah kekeliruan. Padahal jika hasil audit berdasarkan NPHD, maka tentunya tidak akan terjadi perubahan, karena apa yang tertuang dalam NPHD itu yang dikutip semuanya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar