Senin, 29 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Inilah Penampakan Bunga Karang Raksasa di Laut Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo Ragam , pada Senin, 25 Oktober 2021 | 16:05 PM Tag: ,
  Bunga raksasa (Koral Salvador) di Monthuli Island, Boalemo, dipromosikan Roy Syawal, salah seorang Diver yang juga pengurus POSSI Boalemo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sedikit demi sedikit, potensi alam yang dimiliki Kabupaten Boalemo, mulai muncul ke permukaan Bumi. Sepertihalnya Koral Salvador yang tak henti dipromosikan oleh salah seorang diver (Penyelam) satu ini.

Itu bukan pemandangan alam di Samudra Atlantik, atau alam bawah laut di Segi Tiga Bermuda. Melainkan di area Monthuli Island atau Pulau Monthuli yang terletak di perairan laut wilayah Kecamatan Botumoito, Boalemo, Gorontalo.

Informasi dihimpun Hargo.co.id, Daerah Damai Bertasbih (Julukan Boalemo) ini, memiliki 24 Pulau, yaitu Pulau besar dan kecil yang tersebar mulai dari ujung perairan laut wilayah Mananggu, hingga Paguyaman Pantai.

Artinya, bisa diprediksi berapa banyak jumlah potensi bawah laut menakjubkan di Daerah ini. Tentunya, hal ini menjadi tantangan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Tapi jangan khawatir, menyadari potensi ini pun, Pemda nampaknya tak tinggal diam dan mulai turun tangan.

Terpantau pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 Boalemo, pada 10 Oktober 2021 lalu, Pemda Boalemo mendukung pembentangan spanduk di dalam laut yang dilakukan oleh komunitas Diving POSSI Boalemo dan POSSI Pohuwato.

Diketahui, pembentangan spanduk di dalam laut di sekitar kawasan objek Wisata Pantai Bolihutuo itu, merupakan yang pertama kalinya dilakukan. Dan hanya Komunitas POSSI Boalemo dan Pohuwato lah yang menjadi promotornya.

Roy Syawal, salah seorang penyelam asal Tilamuta, Boalemo, membenarkan hal tersebut. Sebelumnya, ia mengaku bangga karena berkesempatan membentangkan spanduk HUT ke 22 Boalemo bersama para pengurus POSSI Boalemo-Pohuwato lainnya.

“Dan menurut saya ini perdana yang dilakukan memperingati HUT Daerah tercinta. Selain Diving Club Pohuwato, kita kemarin juga kedatangan tamu undangan dari Diving Club Buol-Sulteng. Mereka penasaran dan ingin menyelam di laut Boalemo,”tuturnya kepada Hargo.co.id, Ahad, (24/10/2021).

Roy mengatakan, Koral Salvador tersebut bisa menjadi icon andalan pariwisata Boalemo. Menurutnya, semua pihak harus mendukung dan mempromosikannya kepada para pelancong mana pun, hingga ke manca Negara.

“Koral Salvador atau yang lebih dikenal luas dengan nama bunga karang raksasa ini hanya dapat ditemukan (endemik) di perairan Gorontalo. Tentunya ini menjadi kebanggan kita. Semoga potensi ini tidak dipandang sebelah mata saja,” harapnya. (*)

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 467 times, 1 visits today)

Komentar