Inovasi Baru, Karawo Batik Mulai Diperkenalkan

Peran Inovasi Karwo Batik yang dilaksanakan di Galery Riden Baruwadi pada Senin (02/09/2019). (Foto Natha untuk Hargo.co.id)

Hargo.co.id, GORONTALO –  Dunia fashion di Gorontalo terus berkembang. Kain khas Gorontalo, Karawo yang menjadi kebanggan dari Gorontalo terus mendapatkan tempat di masyarakat, dan terus dikembangkan. Salah satunya adalah inovasi karawo batik yang di perkenalkan dalam pameran inovasi karawo, di Galery Riden Baruwadi.

Berbagai tampilan karawo batik, yang diukir dengan menggunakan tangan sendiri.  Pelaksanaan pameran karawo batik ini dilakukan, Mulai Senin 2 September sampai dengan Rabu 4 September.

Penggagas kegiatan, Mursidawati menyampaikan bahwa, Pameran ini merupakan hasil penelitian produk terapan yang mengkolaborasikan karawo ikon produk lokal Gorontalo dengan batik identitas kerajinan nusantara dalam suatu desain produk  kriya tekstil disertai penggunaan teknik perwarnaan airbrush sebagai finishing.

“Inovasi karawo batik bertujuan meningkatkan mutu produk potensi lokal tanpa menghilangkan karakteristik sehingga menjadi  pembeda dengan produk yang sudah ada dan sejenis lainnya seperti kerajinan kerawang dari Manado dan Tasikmalaya,” kata dosen Teknik Kriya UNG.

Tampilan sulaman karawo didesain dengan penerapan warna senafas dengan karakteristik warna kebesaran adat daerah Gorontalo yang disebut‘tilabataila’yaitu empat warna utama yang  didominasi merah, kuning emas, hijau, dan ungu.

“Penerapan warna‘tilabataila’  bertujuan mengangkat ciri khas warna adat masyarakat Gorontalo serta memperkuat local knowledge pada motif desain karawo batik.  Masing-masing warna memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Gorontalo, warna merah memiliki makna keberanian, kuning emas bermakna kemakmuran, hijau memiliki makna kesuburan, danungu bermakna keanggunan,” pungkasnya.

Pameran ini mendapatkan kunjungan dan apresiasi dari masyarakat. (wan/hg)

-