Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Interpelasi Belum Penuhi Ekspektasi, Hak Angket Disuarakan

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Wednesday, 14 April 2021 | 04:06 AM Tags: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Jawaban Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin atas pertanyaan DPRD melalui interpelasi, ternyata belum memenuhi ekspektasi. Itu lantas memunculkan wacana agar dilanjutkan ke Hak Angket. 

Wacana Hak Angket terus disuarakan setelah DPRD menggelar paripurna guna mendengar pandangan fraksi Senin (12/04/2021). Juru Bicara Khusus (Jubirsus) pimpinan DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte, mengatakan bahwa setelah dipelajari dari jawaban yang diberikan tersebut, dianggap masih sumir. 

“Semua fraksi berpandangan sama, dan untuk itu dari kesimpulan yang ada, maka hal ini akan berlanjut kepada hak angket,” ungkap Matran Lasunte. 

Pasalnya jawaban yang diberikan oleh Indra Yasin atas pertanyaan DPRD baik itu jawaban awal maupun jawaban tambahan, masih perlu lagi pendalaman. 

“Untuk pendalaman dan penyelidikan atas jawaban dan tambahan jawaban tersebut akan dilakukan melalui hak angket,” tegasnya.

Untuk penggunaan hak angket sendiri, kata Matran Lasunte, tentu itu ada mekanisme serta aturan dan ketentuan yang berlaku. Nantinya akan ada usulan terhadap penggunaan hak angket baik dari anggota maupun fraksi kepada pimpinan DPRD sebagaimana mekanismenya. 

“Usulan ini yang kemudian akan diproses lewat Badan Musyawarah (Banmus) terkait dengan kapan paripurna hak angket digelar, karena dapat disimpulkan bahwa semua fraksi menolak,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar