Sabtu, 29 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Intervensi Bantuan untuk SMA Jadi Perhatian Pansus

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 6 Desember 2021 | 14:05 PM Tag: , , ,
  Anggota DPRD Gorut, Matran Lasunte

Hargo.co.id, GORONTALO – Terkait Ranperda Penyelenggaraan Pendidikan, Pansus 1 DPRD Gorontalo Utara (Gorut), tengah mendiskusikan soal kewenangan terhadap interfensi daerah untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Pasalnya, hal tersebut terkait dengan kewenangan Dinas Pendidikan yang hanya dibatasi pada tingkatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah menengah Pertama (SMP). 

“Saat ini kewenangan yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan kabupaten hanya sampai pada tingkat SMP, untuk SMA itu tidak lagi,” ungkapnya.

Kewenangan tersebut, kata Matran Lasunte terkait dengan intervensi bantuan pendidikan yakni beasiswa terlebih khusus untuk siswa yang kurang mampu. 

“Karena saat ini untuk kewenangannya tingkat SMA itu ada di Dinas Pendidikan Provinsi. Sementara kabupaten ingin berpartisipasi, hanya saja tidak memiliki kewenangan,” kata Matran Lasunte.

Menurut Matran Lasunte, pihaknya siap membantu untuk memikirkan cara intervensi yang akan dilakukan, hanya saja harus ada rujukan regulasi yang jelas terhadap kewenangan tersebut. 

“Agar nantinya apa yang akan dirumuskan tersebut terkait dengan rencana daerah untuk membantu para siswa miskin yang ada di daerah ini khususnya untuk tingkat SMA,” tegasnya.

Terhadap interfensi bantuan pendidikan tersebut kata Matran, tentu terkait dengan beasiswa, hanya saja dengan melihat kondisi yang ada, kemasannya yang diganti atau dirubah menjadi bantuan sosial dalam bentuk hiba. 

“Hanya saja rujukan hukumnya harus jelas, agar ketika daerah menterjemahkan dalam satu bentuk regulasi entah itu peraturan bupati (perbup) maupun peraturan daerah (perda), tidak lagi bertentangan atau tidak terjadi mis antara tujuan dengan dasar hukum atau regulasi yang menjadi rujukan,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar