Rabu, 6 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



ISIS Menghancurkan Harta Karun Terbesar Iraq Berusia 800 Tahun

Oleh Aslan , dalam Kabar Dunia , pada Jumat, 23 Juni 2017 | 06:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id – ISIS semakin terdesak di Mosul, Iraq. Pasukan Iraq terus menggempur ISIS yang masih berada di kota tersebut. Tetapi itu belum menghentikan ISIS. Bahkan, mereka sudah menghancurkan tetengger Kota Mosul.

Tetengger Mosul yang juga menjadi ikon Iraq itu adalah Masjid Agung Al Nuri. Dalam rekaman video dan foto dari udara terlihat kalau masjid yang memiliki menara miring itu sudah hancur lebur. ISIS sendiri mengklaim kalau masjid itu dihancurkan pesawat Amerika. Namun, klaim itu dibantah keras oleh Amerika.

Masjid yang berusia lebih dari 800 tahun itu adalah tempat ketika pemimpin ISIS Abu Bakr Al Baghadi muncul pertama dan satu-satunya untuk meminta kesetiaan dari anggota ISIS pada Juli 2014. Saat itu, dia mendeklarasikan kalifat.

Hancurnya masjid itu memicu hujatan kepada ISIS. Komandan senior AS di Iraq mengatakan kalau ISIS sudah menghancurkan salah satu harta karun hebat Mosul dan Iraq. ”Ini adalah kejahatan melawan rakyat Mosul dan Iraq. Ini adalah salah satu contoh mengapa organisasi brutal harus dihabiskan,” kata Mayjen Joseph Martin.

Masjid Al Nuri dibangun pada 1172 dan salah satu masjid ternama Suni. Namanya diambil dari pemimpin muslim Nur al-Din Mahmoud Zanki. Dia adalah pemimpin jihad ternama melawan Tentara Salib. Masjid itu memiliki menara yang miring dari batu bata.

Mengapa Al Nuri dihancurkan? Berdasarkan pengamat, penghancuran ikon terkenal itu adalah bentuk dari kemarahan ISIS sebelum pada akhirnya benar-benar tersingkir dari Mosul. Mungkin, bagi mereka, lebih baik Al Nuri hancur daripada masjid itu jatuh ke tangan musuh. (hg/BBC/CNN/tia/JPK)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar