Senin, 21 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Isman Yusuf Pimpin UMG

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 11 Oktober 2016 | 12:20 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id GORONTALO – Akhir Oktober mendatang, Universitas Muhammadiyah Gorontalo akan dipimpin oleh rektor baru yaitu DR. dr. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S yang terpilih saat pemilihan rektor beberapa waktu lalu.

Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf,Sp.S. atau akrab dengan sapaan dr. Isman akan menggantikan rektor saat ini Prof. Dr. Nelson Pomalingo, seiring adanya Surat Keputusan Pengurus Pusat Muhammadiyah tertanggal 7 Oktober yang menetapkan dr. Isman sebagai rektor baru UMG.

Pihak rektorat juga telah merencanakan proses pelantikan dr. Isman pada akhir bulan ini.

Sebagaimana diketahui tahapan penjaringan dan pemilihan rektor UMG berlangsung sangat selektif.

Sekian nama yang diusulkan, hanya da 7 nama yang ditetapkan Senat Universitas telah memenuhi kelayakan. Masing-masing Prof. Dr. Moon Otoluwa,M.Hum, Prof. Dr. Ansar,S.Pd,M.Si, Dr. Arfan Arsyad,M.Pd, Dr. H. Ajub Ishak,S,Ag,M.A, Dr. Hi Abdul Hamid Isa,M.Pd, serta Dr. dr. Muhammad Isman Jusuf,Sp.S Dr. Hasyim,M.Si.
7 bakal calon Rektor tersebut kemudian mengerucut ketiga nama setelah melalui seleksi pemilihan oleh Senat Universitas yang digelar akhir Agustus 2016 kemarin.

Masing-masing, Abdul Hamid Isa, Muhammad Isman Jusuf, dan Ayub Isa. Tiga figur tersebut ditetapkan sebagai calon rektor dan direkomendasikan ke PP Muhammadiyah untuk dipilih dan ditetapkan sebagai Rektor UMG.

BACA  Ikuti Dialog Tokoh Gorontalo, Ini Yang Disampaikan Wagub Idris Rahim

Sejatinya jika mengacu pada hasil pemilihan ditingkat senat, Abdul Hamid Isa mengantongi suara terbanyak dengan jumlah 24 suara, disusul Muhammad Isman Jusuf dengan 19 suara, dan Ayub Isa 13 suara. Hanya saja, hasil tersebut bukan hasil final.

Akan tetapi hanya persyaratan untuk memilih tiga calon yang akan diusulkan ke PP Muhammadiyah yang memegang hak periogratif untuk memilih siapa figur yang akan ditetapkan sebagai rektor. Setelah malalui tahapan itulah, Muhammad Isman Jusuf kemudian ditetapkan PP Muhammadiyah sebagai calon rektor.

SK Penetapan itu resmi diterima dr. Isman, pihak Rektorat, BPH, dan PWM di Kantor Pusat PP Muhammadiyah.

Rektor UMG Prof. Dr. Nelson Pomalingo mengatakan, bahwa hasil tersebut merupakan penilaian mutlak dari PP Muhammadiyah.

Karena itu, pihak Civitas UMG, termasuk pula pihak BPH dan PWM akan mengawal hasil tersebut hingga pelantikan nanti. “Kita sudah terima langsung SKnya baik baik Rektor, BPH, maupun PWM,” ungkap Nelson.

Menurut Nelson, dr. Isman memang tepat diangkat menjadi rektor. Ia cukup berjasa bagi UMG. Sejak awal UMG dibangun ia telah aktif menjadi Wakil Dekan dan kemudian menjadi Dekan setelah masanya.

BACA  Bahas Kuesioner KIP, Diskominfotik Provinsi Gorontalo Gelar Rapat Konsolidasi

“Kalau dilihat dari segi usia. dr. Isman ini seperti saya waktu pertama jadi Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Yakni tepat 38 tahun,” terang Nelson.
Lebih lanjut disampaikan Nelson, kebetulan pula, unggulan UMG adalah kesehatan.

Sehingga dengan ditetapkannya dr. Isman yang latar belakangnya dari kesehatan tentunya akan sangat menunjang. “Semoga ini bisa melanjutkan target kita untuk pendirian prodi kedokteran,” ucapnya.

Terkait hal ini pula, Nelson mengharapkan kepada seluruh pihak, baik civitas UMG, BPH, dan PWM penetapan dr. Isman sebagai rektor tersebut dapat dikawal dan tindakalnkjuti secara bersama sehingga pembangunan UMG terus berlanjut.

“Saya perlu sampaikan pula, kemungkinan besar pelantikannya akhir bulan ini. Persiapannya saat ini tengah kita lakukan. Nanti setelah pelantikan nanti akan kita serahkan tongkat estafet kepada rektor yang baru,” jelasnya.

Ia sendiri lanjut Nelson, sudah diusulkan untuk menjadi guru besar tetap di UMG. Sehingga dari sumbangsi pikiran ia akan terus membantu UMG. Disamping tentunya untuk perguruan tinggi yang lain.

BACA  Kerja Sama Pemda Gorut dan Pohuwato Dapat Apresiasi Dari Sekdaprov Gorontalo

Terpisah, dr. Isman ketika diwawancarai awak media mengatakan, sebagai kader Muhammadiyah, ia tentunya sudah wajib siap untuk membesarkan UMG. Ia akan berupaya komitmen untuk meneruskan khitah kepemimpinan Nelson Pomalingo untuk membangun amal usaha Muhammadiyah tersebut. “Yang pasti tentunya saya bersyukur karena dipilih. Bagi saya ini adalah amanah besar yang harus saya jalankan dengan baik,” jelasnya.

Kedepan ini lajut dr. Isman, ada banyak hal yang terlebih dahulu akan ia lakukan. Termasuk diantaranya membenahi struktur. “Rencananya seperti saya katakan sebelumnya untuk wakil rektor saya akan mekarkan menjadi 4. Ketambahannya adalah Wakil Rektor Al Islam dan Kemuhamadiyaan (AIK),” jelasnya

Selain itu ia juga menargetkan agar seluru Prodi di UMG segera terakreditasi minimal B, sekaligus juga akan mengantarkan akreditasi universitas yang sebelum ini sudah diawali oleh Nelson.

dr. Isman pun memohon dukungan seluruh stekholder Muhammadiyah, baik PWM, BPH, civitas UMG, dan seluruh kader-kader Muhammadiyah agar dapat menjalankan amanah tersebut dengan baik. Ia punya tekad besar kedepan untuk mensukseskan langkah kampus pencerahan ini menuju kampus unggul 2025. (and/hargo)


Komentar