Senin, 25 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jabatan Kepala Satpol PP Kurang Peminat

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 29 Desember 2016 | 07:27 AM Tag: , , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Kendati Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) naik kelas, sebelumnya hanya berstatus kantor atau dijabat pejabat eselon III, dan kini menjadi dinas, dengan pimpinan SKPD adalah eselon II. Namun jabatan ini sepertinya kurang dilirik.

Buktinya, saat pelaksanaan seleksi Jabatan Pratama (JPT) di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo yang telah selesai sejak Sabtu (23/12).

Yang mendaftar pada jabatan ini, hanya 1 orang. Itu pun dari instansi Polri yakni Kombes Pol Siregar Djafar.

Status Siregar yang berstatus anggota aktif Polri menjadi kendala. Dalam ketentuan, Siregar harus melepas status Polri dan beralih ke aparatur sipil negara (ASN).

Berbeda jauh dengan jumlah pelamar untuk Dinas Pariwisata yang mencapai 13 pejabat.

Ini mendandakan para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo seperti kurang tertarik melamar sebagai pempimpin OPD yang bertugas untuk penegakkan Peraturan Daerah (Perda).

Padahal, untuk pejabat yang menduduki posisi OPD baru saat ini sudah ada nama-nama yang akan siap dilantik oleh Plt. Gubernur Gorontalo.

Plt. Gubernur Gorontalo Prof. Zudan Arif Fakrullah mengatakan, dari 7 jabatan kepala dinas yang di-open biding-kan, terdapat satu jabatan yang sepi peminat yaitu jabatan Kepala Satpol PP.

“Makanya open biding untuk jabatan Satpol PP harus diulang,”imbuh Prof. Zudan, ketika dihubungi Gorontalo Post,Selasa, (27/12).

Terpisah, Sekretaris Tim Seleksi Pejabat OPD Baru, Sumarwoto menyampaikan, untuk jabatan Satpol PP memang harus dilakukan perpanjangan tes.

Hal itu karena selain yang mendaftar kemarin hanya 1 orang, juga yang bersangkutan harus gugur karena terkendala belum adanya surat pengunduran diri.

Menurut Sumarwoto, sudah menjadi ketentuan dalam undang-undang, untuk aparat TNI-Polri yang ingin menjabat di eksekutif harus terlebih dahulu mengundurkan diri sebagai TNI-Polri.

“Jadi akan dilakukan tes esok (hari ini,red) untuk pejabat yang akan menduduki posisi Satpol PP,” kata Sumarwoto.

Saat ini disampaikan Sumarwoto, sudah ada empat pejabat yang mendaftar sebagai peserta tes open biding untuk jabatan Satpol PP.

Masing-masing, Rifli Katili yang kini menjabat Karo Umum, berikut Karo Humas dan Protokoler Zukri Suratinoyo, Karo PP Kesra Alvon Usman, serta Aidin Adam yang kini menjabat sebagai salah satu Kepala Bidang pada Dinas Sosial Provinsi Gorontalo.

Sumarwoto mengatakan, empat pejabat ini nantinya akan di seleksi oleh tim asestmen sebelumnya. Ia optimis, dalam waktu dekat ini proses seleksi dapat segera dituntaskan.

“Yang pasti tetap jabatan Kasatpol PP akan kita lantik bersama dengan pejabat OPD lainnya,” pungkasnya. (and/hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar