Kamis, 24 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Jaga Kesehatan Jantung dengan Konsumsi Brokoli

Oleh Tirta Gufrianto , dalam LifeStyle , pada Minggu, 23 Agustus 2020 | 08:05 WITA Tag: ,
  Ilustrasi Brokoli. (S_derevianko/Shutterstock)


Hargo.co.id JAKARTA – Penelitian baru menyebutkan bahwa sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, dan lainnya penting untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Seperti dilansir dari JPNN.com, Para peneliti dari Edith Cowan University di Australia, mempelajari 684 orang wanita yang rata-rata berusia 75 tahun.

Mereka mengonsumsi sayuran antara lain kubis, kembang kol, dan brokoli selama 12 bulan, seperti dikutip dari Medical Daily pada Sabtu (22/8).

BACA  70 Persen Hepatitis A pada Anak Tak Bergejala

Hasil studi menunjukkan, wanita yang makan lebih banyak sayuran ini memiliki peluang lebih rendah untuk mengembangkan kalsifikasi atau pengerasan di arteri.

Wanita yang makan lebih dari sekitar 45 gram sehari sayuran, sekitar 46 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami banyak kalsifikasi di jantung mereka daripada wanita yang hanya makan 15 gram sehari.

BACA  Selain Ungkapkan Kata Hati, Ahli Sebut Musik Ampuh Atasi Stres

Kalsifikasi pembuluh darah terjadi ketika lemak dan kalsium menumpuk di sepanjang sisi pembuluh, yang perlahan akan mengeras dan mempersempit pembuluh darah dan menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Laman Healthline mencatat, sekitar 99 persen kalsium tubuh ada di gigi dan tulang. Sementara satu persen lainnya ada di dalam darah, otot, cairan di luar sel, dan jaringan tubuh lainnya.

BACA  Cegah Obesitas, Ini 6 Kiat Agar Cukup Tidur

Beberapa gangguan menyebabkan kalsium mengendap di tempat-tempat yang biasanya bukan tempatnya. Seiring waktu, hal ini dapat bertambah dan menimbulkan masalah.

Anda mungkin memerlukan perawatan untuk mencegah komplikasi jika Anda memiliki penumpukan kalsium ekstra ini.(antara/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul: “Jaga Kesehatan Jantung dengan Konsumsi Brokoli“. Pada edisi Sabtu, 22 Agustus 2020.

Komentar